Cara Kompres File Sekecil mungkin

Mengurangi ukuran file yang ber-Giga Byte sangat mudah sebenarnya. Kita hanya perlu menggunakan program kompress seperti Winrar. Winrar banyak digunakan karena ringan dan populer.

Mengompres file dilakukan tentu dapat menghemat penyimpanan Hard Disk laptop dan komputer apalagi yang menggunakan SSD berkapasitas kecil. File besar tadi, ketika sudah di kompres menjadi sangat kecil bahkan bisa di kirim melalui WhatsApp atau Email.

Pembahasan kali ini, kamu akan memahami teknik compress file jadi kecil, silahkan baca sampai habis ya.

Cara Compress File Jadi Kecil

Untuk mengkompres file, aplikasi yang akan kita gunakan adalah Winrar. Aplikasi ini cukup populer diantara aplikasi kompresi lainnya. Aplikasi ini ringan karena hanya berukuran kurang dari 5 MB.

Sebelum mulai, ada baiknya kamu membaca pesan ini.

Catatan : Winrar memang aplikasi yang ringan, tetapi ketika bekerja mode high compress, maka aplikasi ini bisa membuat panas laptop atau komputer. Jangan terlalu dipaksa membuka aplikasi berat.

1. Kompres File Sekecil Mungkin ke RAR

Format RAR bisa menekan ukuran file lebih baik daripada ZIP. Lama proses ini tergantung besar file/folder yang akan di kompresi dan perangkat yang digunakan.

Jika kamu belum memiliki Winrar, silahkan download di situs resminya, disini kita akan menggunakan versi gratis saja karena itu sudah lebih dari cukup.

Adapun langkah-langkahnya:

  1. Klik kanan dan pilih add to archive.
  2. Pada Compression Method Pilih Best.
  3. Directory Size, pilih yang paling besar.
  4. Pada archiving option, pilih create solid archive.

Langkah 1 : Cari file yang akan di kompres menjadi sangat kecil dan klik kanan pada file tersebut dan pilih add to archive.

add to archive pada winrar

Langkah 2 : Selanjutnya pilih Best pada Compression Method di jendela Winrar yang tampil.

kompres menjadi sangat kecil

Langkah 3 : pada directory size, silahkan pilih yang paling besar. Pada saya directory size yang paling besar adalah 4096 kb.

cara kompres file sekecil mungkin : pilih dictionary size

Langkah 4 : centang opsi create solid archive pada archiving option dan selanjutnya klik OK.

cara kompres file sekecil mungkin : create solid archive

Silahkan tunggu sampai proses komresi selesai. biasanya jika ukuran file 1-2 GB hanya memakan waktu kurang lebih 5 menit. jika lebih tentu waktu yang dibutuhkan akan lama lagi tergantung sebesar apa file yang di kompres.

cara kompres file sekecil mungkin : proses kompresi

Nah, itu dia cara high compress format RAR. sekarang kita beralih ke format ZIP

Baca juga : Cara Membedakan Windows 10 Asli dan Bajakan

2. Kompres Sangat Kecil Format ZIP

Format ZIP merupakan format yang paling cepat dalam melakukan kompresi dan format ini paling populer di internet. Jika format RAR dapat menekan ukuran file dengan sangat padat dengan ukuran tak terbatas, berbeda dengan ZIP, format ini lebih kecil bahkan hanya bisa menampung 2 GB saja.

Format ZIP lebih sering digunakan ketika ingin melakukan transfer file, yang di dalamnya berbeda beda jenis file seperti word, excel, power point dan lainnya.

Sebagai contoh, bayangkan jika harus mengirim file dalam 10 folder permasing masing folder terdapat 100 file, tanpa menggunakan ZIP, tentu akan sangat kerepotan. Disinilah Format ZIP bekerja. Cukup sekali klik, file yang tadinya ratusan akan dikirim langsung. bisa menggunakan email atau menggunakan penyimpanan cloud.

Nah, kamu juga bisa loh melakukan kompres file sekecil mungkin menggunakan ZIP. tapi jangan berharap akan sekecil RAR ya. Berikut langkah-langkahnya:

Sebagai contoh, saya menggunakan file administrasi sekolah berjumlah 108 file.

  1. Klik kanan pada folder yang akan di kompres dan pilih add to archive.
  2. Pilih fomat ZIP.
  3. Pada Compression Method pilih Best
  4. Lalu klik OK dan silahkan tunggu.
Kompres Sangat Kecil Format ZIP

Nah Bagaimana Cukup Mudah bukan ?

Cara Melakukan Ekstrak RAR dan ZIP

Untuk ekstrak format jenis RAR dan ZIP dapat dilakukan dengan sangat mudah. Tapi ada informasi yang perlu kamu tau.

Format RAR membutuhkan aplikasi seperti Winrar untuk mengekstrak, sedangkan Format ZIP tidak memerlukan aplikasi bantuan.

baca juga : Cara Mengganti Wallpaper Laptop Windows dengan foto sendiri

Nah, dari pada bingung, yuk langsung ke tutorialnya.

  1. Klik kanan pada file yang akan di ekstrak.
  2. Pilh Extract Here.
  3. Silahkan tunggu proses ekstrak selesai.
Cara Melakukan Ekstrak RAR dan ZIP

Ekstrak sendiri terdiri dari 3 jenis

  • Extract here yang berarti melakukan ekstrak file di folder yang sama dengan RAR/ZIP.
  • Extract Files yang berarti melakukan ekstrak di folder yang ditentukan oleh user.
  • Extract To membuat folder terlebih dahulu dengan nama yang sama dengan file RAR/ZIP dan melakukan ekstrak. ini sangat berfungsi jika file RAR atau ZIP tidak dalam 1 folder.

Akhir Kata

Terkadang kamu mungkin bertanya, kenapa file yang sudah di kompres ternyata ukurannya tetap besar ?

Ini dikarenakan file yang di kompres memiliki file jenis gambar, video audio dan lainnya. file-file ini tidak dapat di kompres memakai aplikasi Winrar. untuk mengompres file tersebut, membutuhkan aplikasi tambahan atau bahkan menggunakan kompress online.

Selanjutnya, file yang akan di kompres sebenarnya sudah sangat padat dalam artian sudah tidak pelru di kompres lagi. jadi pakai metode apapun sudah tidak banyak berkurang.

Lalu, apakah kompres sekecil mungkin dapat terjadi corrupt ?

Sejauh yang saya tau, jika proses kompres dilakukan dengan benar, bisa diyakini bahwa file tidak corrupt. jika masih ragu, silahkan ekstrak terlebih dahulu sebelum memindahkannya ke media penyimpanan yang lain.

melakukan Kompres sebenarnya juga dapat membantu menyimpan file yang ribuan jumlahnya ke dalam 1 tempat dan sangat mudah untuk dipindahkan.

Nah itulah beberapa pembahasan cara kompres file menjadi sangat kecil. jika ada yang kurang jelas atau gagal silahkan berkomentar. akhir kata, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar