Tutorial WordPress: 5 Panduan Membuat Website WordPress Pemula

WordPress adalah pilihan terbaik bagi kamu yang ingin belajar membuat website. hampir semua pemilik website mengenal wordpress. disini saya akan memberikan tutorial wordpress untuk kamu pastinya.

Karena hampir semua pemilik website mengenal apa itu wordpress, hal ini membuat aplikasi website publishing ini menjadi paling populer dan paling banyak digunakan sampai saat ini.

Kelebihan yang ditawarkan wordpress adalah kita membuat aplikasi yang sudah siap pakai dalam waktu singkat tanpa harus membuat kode program terlebih dahulu.

Disini saya akan menjelaskan bagaimana membuat website wordpress sampai jadi dan tutorial optimasi wordpress secara lengkap.

Belajar Membuat Website WordPress

oke sebelum masuk ke tutorial wordpress disini saya membuat daftar isi agar memudahkan kamu untuk mencari rujukannya.

1. Pengenalan WordPress & CMS

Menurut wikipedia Content Management System (CMS) merupakan sistem yang dapat menghandle atau melakukan publish, mengedit, menghapus, dan mengorganisasi konten secara terpusat, salah satunya adalah wordpress.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, saat ini wordpress merupakan Content Management System (CMS) paling populer didunia. hal ini didasasari data yang menunjukkan penggunaan CMS wordpress sebesar 35%.

Itu dikarenakan pembuatan website menggunakan wordpress sangat mudah karena didukung fitur-fitur seperti tema, plugin yang sudah disediakan secara gratis di repository wordpress sendiri.

Selain wordpress, ada banyak CMS yang bisa digunakan, baik itu berbayar maupun gratis. Contoh CMS selain wordpress yang dapat digunakan secara gratis yaitu drupal, dan Joomla. Ada juga sesuai dengan kebutuhan pemilik website seperti untuk membuat online shop bisa menggunakan opencart atau magento. untuk membuat forum, bisa menggunakan CMS vBulletin. Listnya dapat kamu lihat disini.

1.1 Mengapa Harus WordPress

Alasan yang paling masuk akal adalah paling banyak digunakan dan fitur yang tidak dimiliki CMS lain.

Rujukan yang menjadi alasan saya adalah website https://wappalyzer.com yang terakhir saya lihat pada bulan april, penggunaan CMS wordpress jauh unggul dari pesaing yaitu 74%. luar biasa bukan ? Agar lebih mudah, saya memberikan infografis penggunaan CMS Terakhir April 2020

[visualizer id=”4040″]

Terlepas itu tidak membedakan saat menggunakan wordpress.org ataupun wordpress.com

2. Cara Membuat Website WordPress

Untuk membuat website wordpress ada langkah dasar yang harus kamu lakukan agar website wordpress dapat live dan berjalan dengan baik diantaranya:

2.1 Memilih Layanan Hosting

Pada tutorial wordpress online ini saya menggunakan wordpress.org karena kita akan membuat website yang profesional. Menggunakan wordpress.com sebenarnya tidak ada masalah, tetapi domain kamu akan menjadi namawebsite.wordpress.com.

Kurang enak dipandang mata, dan seakan tidak profesional, tapi kalau kamu ingin bebas meng- custom domain mu, kamu bisa membeli domain dan hosting.

Ada banyak penyedia layanan hosting,

Supaya kamu tidak bingung, disini saya merekomendasikan layanan hosting dan sewa domain untuk pemula yaitu:

Layanan ini menyediakan fitur yang saya rasa cukup. dan saya juga menggunakan layanan ini.

Sebelum lanjut, sebaiknya berhati – hati dalam memilih layanan hosting, karena sangat berpengaruh kepada kecepatan website kamu nantinya.

Tapi jika kamu tidak ingin terburu-buru untuk membuat website wordpress yang menggunakan biaya, kamu bisa membuat website wordpress secara offline.

Untuk tutorialnya kamu bisa baca ini Tutorial WordPress di XAMPP Localhost (offline).

2.3 Menentukan Domain Website

Jika kamu sudah memutuskan untuk menggunakan wordpress, maka kamu membutuhkan domain. pemilihan domain ini terkadang memang memakan waktu la, saya sendiri saja harus berjam-jam memikirkannya.

Tapi saya akan memberikan sedikit tips agar tidak membuang waktu berhargamu cuma untuk membuat domain website.

  • Berkaitan dengan topik website
  • tidak mirip dengan website populer
  • tidak terlau panjang, maksimal 2 kata
  • menggunakan ekstensi .com
  • tidak menggunakan kata
  • mudah diingat dan gampang untuk diucap

Itu beberapa tips, tapi tidak menjadi patokan kamu, banyak juga website menggunakan domain tidak mirip dengan topik. misal menggunakan nama sendiri.

2.4 Install Wordpres

Setelah cukup panjang dan melelahkannya memikirkan nama domain, kini kita saatnya ke tutorial wordpress instalasi.

Disini saya menggunakan tool Softaculous yang sudah disediakan di hosting.

1. buka cpanel hostingmu.

Untuk instalasi wordpress menggunakan Softaculous pertama kamu membuka cpanel hosting kamu dengan mengakses namadomain.com/cpanel.

Setelah memasukkan username dan password, kamu akan langsung masuk ke dasboard cpanel kamu.

tutorial wordpress

Terkadang terjadi kendala, tidak tau password cpanelmu, untuk menyelesaikan masalah ini, kamu bisa mengakses cpanel langsung dari website penyedia layanan hosting yang kamu sewa.

2. Cari aplikasi softaculous

Kamu dapat menemukan aplikasi softaculous di bawah, gulir ke bawah agar kamu dapat melihatnya atau gunakan fitur pencarian dan klik 2x.

tutorial wordpress

3. Isi Data

Kamu pilih wordpress dan isi kolom kosong sesuai dengan permintaan. Atau kamu bisa mengikuti cara saya seperti gambar dibawah ini.

tutorial wordpress

Setelah mengisi dan semua lengkap, klik install.

Proses instalasi wordpress sudah selesai. dan kamu dapat mengakses website wordpress mu dengan menggunakan domainmu. mudah kan ?

3. Mengelola Website WordPress

Setelah proses instalasi selesai, saatnya kita ke tutorial wordpress mengelola website. Buka dashboard wordpress kamu agar kamu dapat mengelola website, seperti membuat post, mengganti tema, memasang plugin dan lainnya.

Untuk masuk ke dashboard admin, kamu cukup menggunakan wp-admin dan cara menggunakannya seperti ini misal www.namakamu.com/wp-admin.

membuat website wordpress

Nanti akan tampil halaman login, masukkan username dan password website wordpress yang sudah kamu buat tadi. setelah berhasil login, kamu akan melihat dashboard wordpress admin kamu seperti gambar dibawah.

tutorial wordpress

Terdapat berapa bidang seperti header (1), side navigasi (2) dan area kerja (3) yang masing masing memiliki fungsi agar kamu dapat dengan mudah mengelola website wordpress.

3.1 MengelolaTema WordPress

Tutorial wordpress selanjutnya, saya merekomendasikan kamu untuk memasang tema wordpress.

Kamu bisa memasang tema dibagian menu navigasi Appearance (tampilan) > tema > klik tambah baru

tema tutorial wordpress

Silahkan dipilih tema yang sesuai dengan selera kamu yang pasti semua gratis, atau kamu dapat mengunggah tema yang sudah kamu download atau beli dari penyedia tema.

Lalu aktifkan tema yang sudah kamu download tadi.

Catatan: jangan menggunakan tema yang bukan dari penyedia terpercaya (nulled) karena website kamu akan rentan terkena hacking atau hal buruk lainnya.

3.2 Mengelola Install Plugin

Saya meletakkan install plugin pada urutan kedua, karena sebelum membuat blog post ada baiknya kamu sudah menginstall beberapa plugin penting bagi blogmu dan pastinya pendukung SEO.

Bagi kamu bingung plugin apa saja yang dinstall, saya akan memberikan rekomendasi plugin yang harus di isntall.

1. UpdraftPlus – Backup/Restore

Rekomendasi, agar websitemu selalu memiliki backup saat kamu nantinya mengotak-atik (optimasi) plugin atau mengedit tema, kamu baiknya meng install updraftplus.

Gak mau kan saat website kamu sudah mulai harus dibuat dari awal lagi ketika kamu melakukan kesalahan kecil dan kamu tidak tau dimana letaknya.

Untuk Silahkan install plugin Updraftplus dan aktifkan, lalu masuk ke halaman updraftplus

Plugin ini berguna sebagai backup dan atau restore website wordpress kamu. dengan kemudahan yang diberikan kamu hanya cukup 1x klik saja sudah bisa membackup data wordpress kamu. untuk totorialnya lengkapnya silahkan baca Cara Backup dan Restore WordPress Dengan UpdraftPlus.

2. Yoast Seo / RankMath seo

Disini saya memberikan kamu pilihan menggunakan plugin ini. kamu bisa menggunakan yoast seo, atau rankmath seo.

tapi disini, untuk website ini, saya menggunakan rankmath seo. alasannya karena fitur yang ditawarkan lebih banyak semisal fitur 404.

sedangkan kalau memilih yoast seo tidak ada salahnya, tapi untuk mengatasi permasalahan 404 kamu harus menginstall plugin lagi.

ingat, Semakin banyak plugin yang kamu install, maka semakin beratlah websitemu.

Untuk tutorial wordpress optimasi Yoast Seo dan Rankmath Seo, tenang… akan saya buat tetapi menyusul ya.

3. Contact Form 7

Kalau plugin ini, opsional saja, saya sendiri tidak menggunakan plugin ini untuk saat ini, karena takut membebani server.

Masih banyak plugin yang masih harus di install, saya tidak membahas semua disini, silahkan klik plugin wordpress wajib.

3.3 Mengelola & Membuat Post

Tutorial wodpress selanjutnya adalah membuat post, jika kamu ingin mendapatkan pengunjung maka membuat post adalah hal yang wajib kamu lakukan.

Untuk membuat post, kamu klik di menu navigasi lalu klik Post > Tambah Baru

Maka akan tampil menu editor post yang memiliki berbagai macam fitur.

tutorial wordpress

Isikan judul pada blok paling atas, isikan sesuai selera dan usahakan semenarik mungkin. Lalu masukkan paragraf atau isi dari postingan.

Pada bagian sebelah kanan (3) Terdapat permalink untuk mengatur slug url, kategori untuk mengatur kategori postingan, kamu juga dapat menambahkan tag, lalu kamu juga dapat menambahkan gambar unggulan.

3.4 Mengelola & Membuat Halaman

Membuat sama halnya dengan membuat postingan, tetapi disini perbedaan halaman dengan postingan adalah jenisnya, kalau di post kita membuat konten dinamis yang terjadwal, sedangkan di halaman kita membuat konten statis yang tidak terjadwal, seperti about us, Privacy Policy dan lain lain.

Untuk membuat halaman, kamu klik Halaman > Tambah Baru.

Fitur yang terdapat pada pembuatan halaman ini hampir sama dengan membuat post, hanya pada pembuatan halaman tidak terdapat kategori dan tag.

Sebagai gantinya, terdapat fitur atribut halaman.

4. Optimasi WordPress

Seperti perkataan saya sebelumnya, disini kita membahas tutorial wordpress optimasi. Setelah tutorial sebelumnya mengelola website, kita akan meoptimasi sedikit website wordpress yang kamu miliki.

4.1 Optimasi Permalink

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk optimasi website wordpress mu adalah mengatur permalink.

Secara default, wordpress mengatur permalink yang strukturnya panjang, struktur tersebut terdapat tanggal postingan dan judul postingan. Semisal contoh dibawah ini

https://trenpedia.com/2020/04/04/optimasi-wordpress

Tenang, saya juga memberikan tutorial wordpress optimasi permalink. Tentu para pengguna wordpress dapat mengganti permalink website mereka dengan cara arahkan kursor ke pengaturan lalu klik permalink.

tutorial wordpress

Kamu dapat memilih berbagai jenis permalink untuk website. tapi yang paling saya rekomendasikan adalah mengguanakan nama tulisan jangan lupa save changes.

Alasan pemilihan permalink tersebut adalah agar lebih mudah untuk dilihat dan tentu baik dimata google. karena google menyukai post yang mengandung keyword di permalink nya.

4.2 Install Plugin Cache

Ini wajib dinstall jika kamu ingin load websitemu kuenceng. eits, tapi ada tapinya, tergantung bagaimana optimasi lain seperti gambar, tema dan lain-lain di websitemu dan server hostingmu.

kalau untuk plugin cache, saya merekomendasikan menggunakan plugin WP Super Cache. karena saya dulu menggunakan plugin ini. Tapi kalau server hosting kamu sudah support litespeed server, maka install lah plugin litespeed cache.

Banyak kelebihan yang ditawarkan Litespeed cache, untuk perbandingan kamu dapat melihat tabel di bawah ini.

FiturLitespeed CacheW3 Total Cache*WP Rocket*WP Super Cache*
Full-Page Cache
Tag-Based “Smart Purge”
Tight Integration With Server
Edge Side Includes (ESI)
Crawler
WordPress Multi-Site Support✅ (Cache Preload)
Cache Logged-in Users
Cache Separate Mobile View
Cache Vary on User Group
Cache Vary on Geographic Location, Currency, etc
Cache REST API💰
Purge Selected URLs on a Schedule
Browser Cache Support
CDN Support
Database Optimization
CSS Combine
CSS HTTP/2 Push
JavaScript Minify
JavaScript Combine
JavaScript HTTP/2 Push
Load CSS Asynchronously💰
Load JavaScript Deferred
HTML Minify
Exclude Selected URI’s from Optimization
Remove Query Strings
Remove Google Fonts
Lazy Load Images
Lazy Load iframes
Wildcard Usage in CDN Support
Critical CSS Generation
Image Optimization
Responsive Lazy Load Placeholder Generation
Plugin CostGratis**Gratis/ $99/yearBerbayarGratis
Support CostGratisGratis/ $200-$350BerbayarGratis
Sumber: Litespeed

Fitur yang ditawarkan Litspeed adalah gratis, tapi bagi kamu yang tidak ingin menggunakan litespeed atau servermu tidak suport litespeed, kamu perlu menginstal sekitar 5 plugin tambahan untuk mendapatkan fitur-fitur seperti di Litespeed.

Kamu perlu meneliti fitur-fitur yang disertakan dengan plugin cache yang kamu gunakan, kemudian instal plugin ini jika tidak mendukungnya.

Beberapa host seperti GoDaddy dan WP Engine memblok plugin cache karena mereka memiliki sistem caching built-in mereka sendiri. Dalam hal ini, gunakan Autoptimize untuk mengoptimalkan HTML, CSS, dan JavaScript. Plugin ini juga memiliki opsi CDN.

4.3 Optimasi Gambar

Untuk tutorial wordpress optimasi gambar, lagi lagi kamu bisa mengistall plugin. saya menggunakan plugin juga tentunya.

Rekomendasi, kamu bisa menggunakan plugin shortpixel secara gratis.

Optimasi dapat dilakukan secara langsung dengan cara klik bulk Shortpixel

Tapi, kalau dirasa kurang optimal optimasi gambar, kamu bisa menyesuaikan ukuran gambar yang akan kamu post, semisal kamu ingin post gambar dengan ukuran 200×100 pixel, tapi kamu post menggunakan gambar 1000×500 pixel, itu saja saja pemborosan.

Sebelum Plugin tadi melakukan optimasi, ada baiknya kamu optimasi dulu secara manual, nantinya, plugin akan membantu mengoptimasi gambar lebih lanjut lagi.

4.4 Optimasi Database

Jika website sudah besar, kamu wajib melakukan optimasi database, semakin lama ukuran database kamu pun akan semakin besar, sehingga website akan semakin berat untuk mengakses database yang menyebabkan load website menjadi lama.

Jika kamu menggunakan Litespeed cache, kamu akan mendapat fitur clean-up database

Untuk mengatasi cara ini, kamu bisa optimasi database wordpress dengan bantuan plugin WP Optimize agar dilakukan dengan mudah.

4.5 Gunakan Versi PHP 7 Keatas

Semakin kesini, maka teknologi semakin berkembang. sama seperti versi php. menggunakan php versi 7 keatas membuat waktu load website mu menjadi lebih cepat 2 sampai 3 kali lipat dari pada menggunakan versi php 5. Informasi ini saya dapatkan dari wordpress.org dengan menggunakan php versi 7+

[visualizer id=”4043″]

Hal Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisntall plugin Display PHP Version untuk mencheck Versi PHP yang sedang kamu gunakan.

Lalu jalankan PHP Compatibility Checker untuk memastikan apakah plugin dan tema yang kamu gunakan tidak bermasalah.

Untuk upgrade versi PHP 7+ silahkan login akun hosting atau cpanelmu dengan mengklik select PHP Version

Gambar diatas merupakan tampilan dari cpanel hosting, mungkin ada beberapa penyedia layanan hosting tidak mengupgrade tampilannya, tapi untuk kegunaannya sama saja.

Jika sudah mengganti PHP Version ke 7+ kamu cek lagi wordpress mu, apakah terjadi masalah atau tidak. kalau terjadi masalah, silahkan turunkan 1 version, begitu seterusnya.

4.6 Gunakan Cloudflare

Cloudflare adalah layanan gratis untuk meningkatkan kecepatan, keamanan dan proteksi spam. CDN Cloudflare menyimpan file website kamu ke 200+ server data center cloudflare mereka. Cloudflare sangat mudah digunakan dan bisa dikombinasikan dengan plugin yang kamu gunakan.

Langkah 1: Daftar akun cloudflare dan masukkan url website kamu, dan tunggu beberapa proses scan . kamu akan mendapatkan 2 name server.

Langkah 2: Ganti name server domain kamu menggunakan name server yang tadi dan simpan.

Langkah 3: ambil global api cloudflare kamu, dan pasang di plugin cache.

  • Bagaimana pengaturan Cloudflare di WP Fastest Cache
  • Bagaimana pengaturan Cloudflare di W3 Total Cache
  • Bagaimana pengaturan Cloudflare di WP Super Cache
  • Bagaimana pengaturan Cloudflare di Litespeed Cache

5. Amankan Website WordPress

Untuk mengamankan website wordpress, kamu dapat melakukan beberapa tips dibawah ini:

5.1 Selalu Update WordPress

WordPress menyarankan agar, kamu selalu mengupdate versi wordpress yang kamu gunakan. hal ini bertujuan agar kamu terhindar dari malware dan hacking yang menyerang pengguna wordpress.

Tetapi kalau kamu selalu melakukan update wordpress, resiko tersebut sangat bisa untuk dihindari.

5.2 Backup WordPress

Backup wordpress kamu dengan cara manual atau bantuan plugin. ini bertujuan agar nantinya ketika terjadi masalah pada website wordpress mu, maka kamu tetap memiliki cadangan terbaru.

5.3 Update Plugin

Ini juga penting untuk kamu lakukan agar selalu aman. para dev plugin selalu melakukan update untuk menutup bug dan hacker selalu mencari cari untuk hacking.

Kesimpulan

Membangun website menggunakan wordpress sangat menguntungkan karena dapat membantu menbangun website tanpa harus menulis kode program terlebih dahulu. WordPress juga memiliki kualitas yang sangat baik dari segala aspek baik segi keamanan.

Dengan banyaknya komunitas wordpress, dan tutorial wordpress yang bertebaran internet kamu dapat bergabung dan menanyakan permasalahan yang kamu miliki kepada mereka.

Itu saja tutorial wordpress untuk pemula semoga tutorial wordpress ini dapat membantumu membangun website wordpress.

Leave a Comment