5 Tips Sukses KKN Dijamin Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Lancar Jaya

Tips Sukses KKN | KKN atau Kuliah Kerja Nyata memang menjadi salah satu syarat yang diberikan oleh Universitas atau Perguruan Tinggi sebelum mahasiswa lulus. KKN merupakan suatu kegiatan yang akan mengharuskan para mahasiswa untuk mengabdi secara langsung kepada masyarakat di suatu daerah terpendil maupun di sebuah instansi. KKN bertujuan untuk memberikan tantangan kepada para mahasiswa untuk bisa survive hidup di dunia luar. Lalu apa saja sih tips sukses KKN?

Sebelum mengetahui tentang tips sukses KKN, tahukah kamu jika KKN merupakan kegiatan intrakurikuler Universitas atau Perguruan Tinggi yang menjadi perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Program KKN akan dikhususkan bagi mahasiswa strata 1 atau S1.

Pelaksanaan KKN harus dilakukan dan sesuai dengan budaya akademik, keahlian, dan/atau otonomi keilmuan civitas akademika, serta kondisi sosial budaya masyarakat. Hal ini yang membuat tidak semua Universitas/Perguruan Tinggi mewajibkan kegiatan KKN, beberapa diantara mengganti kegiatan KKN dengan magang.

tips sukses kkn membuat acara kkn agar meriah

Simak Tips Sukses KKN Berikut!

Menjalani KKN dimana kamu akan bertemu dan tinggal selama berhari-hari dengan kelompok yang baru kamu kenal tentu akan membuatmu sedikit cemas bukan? Berbagai macam pemikiran apakah kamu bisa menjalani KKN dengan sukses dan lancar akan menghantuimu. Namun setelah kamu menjalaninya, kegiatan KKN akan terasa sangat menyenangkan. Dan ketika masanya sudah hampir selesai pasti dijamin kamu akan sedih karena harus berpisah dengan teman-teman kelompokmu. Berikut ini beberapa tips sukses KKN yang bisa kamu lakukan :

Dekat Dengan Tokoh Masyarakat Di Desa

Tokoh masyarakat di suatu Desa akan memiliki pengaruh yang cukup besar. Oleh karena itu dekat dengan tokoh masyarakat di Desa menjadi hal pertama yang perlu kamu lakukan. Setiba di lokasi KKN, kamu bisa berkunjung ke rumah dan mengobrol untuk meminta berbagai saran demi kelancaran dan kesuksesan KKN. Akrab dengan tokoh masyarakat akan membuatmu lebih mudah untuk merangkul masyarakat lainnya.

Kegiatan Seru dan Menarik Yang Bisa Dilakukan Saat KKN

Mengajak Warga Untuk Mengembangkan Industri

Ada banyak sekali sumber daya alam yang bisa menjadi potensi industri jika dikelola dengan baik. Disinilah peran mahasiswa untuk bisa berfikir kreatif dan maju dengan menjadikan sumber daya alam yang ada menjadi barang jadi dan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Jika kegiatan ini berhasil, masyarakat Desa akan mendapatkan sumber penghasilan yang baru dan kamu serta kelompokmu bisa dikatakan sudah sukses dalam menjalani kegiatan KKN.

Berpartisipasi Dalam Acara Rutin Masyarakat Sekitar

Setiap desa tentu akan memiliki acara yang dilakukan secara rutin misalnya pengajian, perkumpulan karang taruna, dan kegiatan lainnya. Kamu dan kelompokmu bisa bergabung dan berpatisipasi dengan acara rutin ini untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat dan membagikan ilmu dan beberapa gagasan yang akan berguna.

Selalu Mengutamakan Sopan Santun

Masyarakat Desa identik dengan perilaku yang menjunjung tinggi etika dan sopan santun. Oleh karena itu setiap mahasiswa yang dekat dengan warga Desa pasti adalah mereka yang selalu mengutamakan sopan santun. Hal ini sangat penting untuk dimiliki, terlebih lagi kamu sedang berada di wilayah orang lain.

Cara Mengatasi Plagiat Dalam Penulisan Artikel KKN

Membuat Program KKN Yang Akan Memberikan Manfaat Untuk Warga

Kamu bisa mengadakan berbagai macam jenis program KKN yang bisa memberikan manfaat bagi warga seperti melakukan pelatihan, mengadakan les untuk anak-anak, mempromosikan potensi desa, dan masih banyak program lainnya.

Nah, itu dia ke-5 tips sukses KKN yang bisa kamu lakukan dengan kelompokmu. Buatlah masa-masa KKN menjadi seru dan menyenangkan, jangan menganggap kegiatan KKN menjadi hal yang membuatmu merasa terbebani. Mengabdi kepada masyarakat akan sangat menyenangkan jika kamu mengetahui hal apa saja yang harus kamu lakukan. Semoga ke-5 tips diatas bisa membantu yaa!

Tinggalkan komentar