Tips Menjadi Remaja Terencana Menyongsong Masa Depan

Remaja merupakan sebuah harapan besar bagi bangsanya. Tentunya negara yang memiliki remaja yang kuat dan memiliki kecerdasan intelektual, spiritual dan emosional yang baik maka negara tersebut akan menjadi negara yang kuat.

Kini seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih ini ternyata membuat banyak perubahan terhadap perilaku para remaja. Ditambah lagi perubahan yang terjadi pada remaja ini lebih banyak mengarah pada aktivitas negatif dibandingnan aktivitas positif.

Tentunya dibutuhkan beberapa tips menjadi remaja terencana, agar para remaja bisa bangkit dan sadar kalau para remaja di negara lain sedang sibuk untuk mengejar ketertinggalan mereka. Sementara para remaja Indonesia seakan hanya jalan ditempat.

Sekitar 30 tahun yang lalu banyak negara-negara tetangga seperti Thailand, Malaysia, dan lainnya rela sekolah jauh-jauh ke sekolah Indonesia. Namun kondisi tersebut saat ini berbanding terbalik. Maka dari itu untuk generasi muda maka menjadi generasi yang berencana itu sangat penting.

Sebagai remaja yang berencana tentunya harus belajar memahami dan praktik berperilaku hidup sehat dan berakhak. Hal ini bertujuan untuk mencapai ketahanan remaja sehingga menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan negara. Untuk mencapainya harus tahu mengenai tips menjadi remaja terencana.

Baca juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah

Tips Menjadi Remaja Terencana

tips menjadi remaja terencana

Menjadi remaja yang terencana memang satu hal yang sangat penting. Jangan sampai para calon pemimpin muda di masa depan ini hanya menjadi penonton setiap di negaranya sendiri. Para generasi Indonesia sekarang harus menjadi remaja yang terencana.

Hal ini mulai dari pendidikan, karir yang terencana, dan lainnya. Nah, untuk mewujudkan itu semua pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips menjadi remaja terencana. Penasaran? Silahkan simak penjelasan berikut ini:

1. Membuat rencana harian

Semua itu berawal dari sesuatu yang kecil, kemudian akan menjadi sebuah kebiasaan dan terbiasa melakukannya. Salah satunya silahkan rencanakan apa saja yang akan anda lakukan dalam satu hari. Anda bisa menulisnya di sebuah catatan kecil.

Perlu anda ketahui bahwa sesuatu dilakukan tanpa adanya rencana maka hasilnya tidak akan efektif. Tentunya ini akan membuat waktu anda akan terbuang sia-sia. Maka dari itu sebelum melakukan segala aktivitas, silahkan untuk membiasakan diri menulis rencana harian terkait apa saja yang akan anda kerjakan.

Bahkan kalau anda sudah terbiasa untuk membuat rencana harian, anda bisa membuat rencana mingguan, bahkan rencana tahunan. Semua itu tentunya anda sesuaikan dengan target yang akan anda capai. Hal ini bertujuan agar hidup anda akan lebih produktif dan memiliki tujuan yang jelas.

2. Mendahulukan aktivitas yang dirasa lebih penting

Setelah anda membuat perencanaan yang tepat maka anda bisa melakukan segala aktivitasmu berdasarkan yang sudah anda buat. Silahkan melakukan aktivitas mulai dari hal-hal yang anda anggap penting dan terlihat mendesak. Sehingga anda perlu mendahulukan agar rencana anda yang lain tidak berantakan.

Ketika kegiatan utama sudah anda lakukan, maka selanjutnya anda bisa melakukan kegiatan lain yang perlu juga segera diselesaikan. Lakukan aktivitas anda dengan baik dan tetap fokus agar semua pekerjaan hari ini bisa selesai.

6 Kegiatan Seru dan Menarik Yang Bisa Dilakukan Saat KKN

3. Menghindari melakukan banyak hal secara bersamaan

Tips menjadi remaja terencana selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah untuk menghindari yang namanya multitasking. Jangan sampai anda melakukan banyak hal secara bersama-sama karena membuat anda tidak bisa fokus terhadap hal yang paling utama.

Ketika anda memiliki kebiasaan melakukan berbagai hal secara bersamaan maka yang terjadi adalah pekerjaan yang semestinya sudah selesai, ternyata menjadi tertunda. Bahkan lebih parahnya lagi pekerjaan tersebut berantakan dan tidak selesai-selesai.

4. Tidak menunda pekerjaan

Tips menjadi remaja terencana yang perlu anda terapkan adalah membuat batasan waktu dan tidak pernah menunda pekerjaan. Setiap rencana kegiatan yang anda buat perlu adanya batasan waktu atau deadline. Hal ini bertujuan agar anda tidak terlalu santai dalam menjalankan kegiatan sehingga bisa selesai tepat waktu. Ketika pekerjaan anda belum selesai tentunya membuat beban kerja anda akan semakin banyak.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa tips menjadi remaja terencana. Semoga dengan adanya penjelasan ini anda bisa menjadi salah satu generasi muda yang terencana. Sehingga anda menjadi orang sukses dan menjadi calan pemimpin masa depan.

Tinggalkan komentar