√5 Tips Menjadi Freelancer untuk Uang Saku

Freelancer akhir-akhir ini memang sedang menjadi pusat perhatian banyak kalangan, khususnya anak muda. Anak muda generasi milenial saat ini sudah mulai memikirkan bagaimana cara untuk bisa menghasilkan uang sendiri atau ingin menambah uang saku. Dunia freelance memang sangat luas, mulai dari menjadi penulis, fotografer, penata rias, dan masih banyak lainnya. Pertanyaan yang paling sering dijumpai dalam dunia freelance adalah bagaimana tips menjadi freelancer?

Meskipun termasuk dalam kategori profesi, namun menjadi seorang freelancer tentu berbeda dengan menjadi seorang karyawan kantoran. Freelancer merupakan pekerjaan sambilan dan bukan pekerjaan tetap. Oleh karena itu menjadi seorang freelancer membuatmu tidak bisa memaksa semua orang untuk bisa mendukung dengan pilihanmu tersebut. Ada sebagian orang yang mengganggap jika menjadi seorang freelancer bukan merupakan sesuatu hal yang bisa dibanggakan dan tidak bisa menghasilkan uang yang banyak. Padahal freelancer yang bisa mengelola beragam jenis job akan bisa mendapatkan penghasilan yang besar.

Wajib Tahu Tips Menjadi Freelancer

tips menjadi freelancer

Meskipun sebagian orang menganggap menjadi seorang freelancer tidak membanggakan dan tidak menghasilkan uang banyak namun hal tersebut jangan dijadikan sebagai alasan untuk menyerah. Salah satu tips menjadi freelancer adalah dengan terus semangat dan berusaha. Berikut ini tips menjadi freelancer lainnya yang bisa kamu lakukan hingga bisa membuktikan jika freelancer juga bisa sukses :

  • Pilihlah Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Kemampuan Dan Keahlian

Pernahkan kamu mendengar kalimat “Jadikan hobimu sebagai sumber penghasilanmu”? Hal ini juga berlaku dalam dunia freelancer. Kamu harus mengetahui pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keahlianmu. Jadi setiap kali kamu melakukan sebuah pekerjaan atau proyek kamu tidak akan merasa terbebani karena bidang yang kamu lakukan sudah kamu kuasai.

  • Mencari Situs Perekrutan Freelancer Yang Terpercaya

Pastikan jika situs web yang kamu tuju merupakan situs web yang terpercaya. Saat ini banyak sekali situs web yang disalahgunakan. Banyak sekali korban yang sudah ditipu, terutama orang-orang yang masih pemula.

baca juga : Hal yang Wajib Diperhatikan Bagi Dropshipper Pemula

  • Memberikan Portofolio Pada Situs Web Dengan Baik

Kamu wajib tahu jika para perekrtu kerja akan membaca portofoliomu sebelum akhirnya memutuskan untuk merekrut dan memintamu untuk bergabung pada proyek yang dikerjakan. Buatlah portofolio dengan baik dan berikan contoh hasil kerjamu untuk lebih menyakinkan perekrut.

  • Melakukan Pekerjaan Dengan Optimal dan Totalitas

Selalu ingat untuk melakukan setiap pekerjaan yang diberikan dengan baik sehingga hasil akan memuaskan bagi semua pihak. Hal ini bisa membantumu untuk menambah nilai plus dalam portofoliomu juga lho. Dengan melakukan pekerjaan secara optimal dan totalitas, tim perekrut atau klien bisa saja tertarik dan akan selalu menggunakan jasamu. Lumayan kan?

Menarik juga nih, Rekomendasi Program KKN

  • Perluas Pertemanan

Salah satu hal penting dan mudah untuk dilakukan adalah dengan memperluas jaringan pertemanan. Kamu bebas untuk menjalin hubungan dengan orang lain, sehingga ketika ada seseorang yang membutuhkan jasamu, maka mereka akan segera menghubungimu atau merekomendasikan keahlianmu kepada orang lain. Selalu ciptakan citra yang bagus dengan menjaga sopan santun, tutur kata, dan menjadi orang yang menyenangkan untuk diajak bertukar pikiran. Ini akan menunjukkan kualitasmu sehingga orang juga akan mempercayakan pekerjaannya kepadamu dengan mudah.

Itu dia beberapa tips menjadi freelancer khususnya bagi kamu yang masih pemula atau tertarik dengan dunia freelancer. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari menjadi seorang freelancer. Selain bisa menambah penghasilan atau menyalurkan hobi dan bakatmu, kamu juga bisa menciptakan bisnismu sendiri. Jangan pernah mendengarkan komentar negatif tentang profesi freelancer di luar sana. Semua hasil yang akan kita dapat hanya tergantung pada niat masing-masing dan ketekunan diri. Dengan menjadi seorang freelancer, kamu juga bisa dengan leluasa mengembangkan potensi diri dan tidak terikat dengan aturan perusahaan karena kamu akan bekerja sesuai dengan kemauanmu.

Tinggalkan komentar