Tips dan cara mengatasi Plagiat di Turnitin Ampuh

By | 1 Desember 2018

Singkat Cerita Tentang Turnitin

Turnitin memang bisa di andalkan apalagi bagi kamu yang mempunyai status dosen atau mahasiswa. turnitin sendiri memiliki fungsi untuk mengkoreksi dokumen yang kita buat dan dalam program turnitin ini kita bisa mengetahui dari mana asal sumber artikel yang kita ambil dan akan tercantum juga sumber alamat websitenya. simak tips dan cara mengatasi plagiat di turnitin

Singkat cerita kampus saya sekarang sekarang ini sedang gempar dengan namanya turnitin. karena banyak mahasiswa yang notabenenya membuat laporan penelitian sendiri tapi terdikasi melakukan plagiat.

Walau banyak yang website yang mengatakan melakukan frasa. tapi terkadang sudah terlalu banyaknya penelitian menjadikan frasa yang kita buat sendiri pun menjadi sama dengan penelitian orang.

Frasa :  Merubah kata kata asli dari kutipan yang kita ambil tanpa merubah maksud dan tujuan dari kalimat tersebut.

Saya pun sedikit lemas dengan apa yang telah terjadi. bayangkan pada saat saya melakukan cek plagiat di turnitin saya terindikasi plagiat 59%. membuat saya drop dan lemas.

Padahal kata – kata yang saya rangkai dengan jari jari saya pun terkena yang namanya plagiat. Saya sedikit sress dan akhirnya berhenti sejenak melakukan penulisan laporan saya dan beristirahat.

Pada cek yang ke dua saya mendapat 51%. hanya berkurang 8%. di kampus saya nilai yang diizinkan adalah kurang dari 35%.

Sedikit bingung dan harus buat apa. kemudian saya searching di google, nonton video dan lain sebagainya. akhirnya menemukan tips dan cara mengatasi plagiat di turnitin. dan menurut saya ini adalah tips dan trik yang baik. apa aja tips nya

Tips dan cara mengatasi plagiat di turnitin.


Tips dan cara mengatasi Plagiat di Turnitin Ampuh

Tips dan cara mengatasi Plagiat

Beberapa hal ini yang saya lakukan. dan pasti wajib untuk dilakukan.

Jangan Copy Paste penelitian orang

Jika kamu ingin mengakali turnitin tapi kamu masih melakukan copas pada laporan penelitian kamu. pasti mimpi deh. gak akan bisa. saya aja menggunakan kata kata sendiri dan melakukan parafrase tetap terkena turnitin.

Cantumkan sumber

Cantumkan sumber dari mana kamu mengambil Kutipan. ya ini wajib ya. gak mungkin kata – kata orang kamu indikasikan menjadi kata kata kamu . ya tidak ??

Hindari Pemakaian dokumen Legal

Yang dimaksud dengan dokumen legal adalah undang undang yang tidak mungkin kita rubah isi dan kata katanya. karena bisa berbahaya nanti saat kamu sedang melakukan seminar nantinya.

Gunakan teknik google Translate

Ini merupakan tips dari saya dan saya sedikit melakukannya. hehe. copy kata kata yang bewarna pada hasil tes turnitin. dan copykan di google translate. lalu rubah ke bahasa asing. contoh armenia atau apapun terserah. lalu translate lagi ke bahasa indonesia.


Mungkin itu dulu yang dapat saya sampaikan tentang tips dan cara mengatasi plagiat di turnitin ampuh. pastikan kamu menggunakan dengan bijak. oh iya saya adalagi tips curang tapi di tunggu ya. dan saya iseng mempraktekkan nya. dan berhasil. ditunggu saja. sekian

Cara mengatasi turnitin

sebenarnya turnitin adalah sebuah program yang memiliki algoritma pencarian yang didesain oleh developernya untuk membandingkan kemiripan karya tulis.

Turnitin sendiri memiliki 3 sumber utama dalam melakukan pembandingan. yaitu sumber internet (website, blog dan lain sebagainya), referensi akademik (jurnal, buku, publikasi ilimah, artikel) dan database lokal yang dimiliki masing masing institusi.

seperti yang udah saya ceritakan dan pengalaman pribadi sendiri saya sempat stres dan mencoba mencari dan mengakali algoritma mesin satu ini.

Algoritma yang dihasilkan dari mesin ini pun bukan sembarangan algorima biasa. karena membandingkan kata perkata, dan bukannya kalimat atau paragraf.

Maka dari itu janganlah melakukan copy-paste, sedangkan yang tidak copy-paste aja banyak yang terdeteksi. Namun, hasil perhitungan dari turnitin  ini pun bukan sesuatu yang mutlak, karena hasil yang ditampilkan akan merinci berbagai elemen plagiasi yang ditampilkan.

Maka disinilah peran dari seoarang operator yang sangat penting untuk memisahkan mana mana saja yang tidak termasuk plagiasi. Kalo diibaratkan sebagai malaikat tanpa saya yang dapat membantu kita hahahaha.

cara parafrase di turnitin

nah tips – tips dan cara mengatasi plagiat di turnitin dengan menggunakan parafrase. simak contoh contoh parafrase berikut ini, agar kamu semakin mengerti.

Contoh 1 kalimat asli : Sebuah kejutan di bidang realita maya (virtual reality) terjadi pada tahun 1961 dengan kemunculan Sensoramanya Heilig.
Parafrase : Hasil karya Heillig yang dikenal dengan nama Sensorama membawa perubahan yang signifikan dalam sejarah realita maya.

Contoh 2 kalimat asli : Komputer mampu membawa orang ke tempat-tempat yang belum pernah bisa mereka kunjungi sebelumnya, termasuk ke permukaan planet lain.
Parafrase : Melalui komputer, orang dapat pergi ke tempat yang belum pernah mereka kenal. (Krisnawati, 2000, hlm 57).

Contoh 3 naskah asli :Sangatlah pelik untuk mendefinisikan plagiasi saat kalian melakukan ringkasan atau parafrase. Keduanya memang berbeda, tetapi batas-batas parafrase dan ringkasan sangatlah tipis sehingga kalian tidak menyadari jika kalian berpindah dari melakukan parafrase menjadi meringkas, kemudian berpindah ke malakukan plagiasi. Apapun tujuanmu, parafrase yang sangat mirip dengan naskah asli dianggap sebagai melakukan plagiasi, meskipun kalian telah menuliskan sumbernya (Booth et al., 2005, hlm 203).

parafrase: Menuruth Booth, Colomb, dan Williams, penulis terkadang melakukan plagiasi tanpa mereka sadari karena mereka menggira melakukan ringkasan, saat mereka melakukan parafrase yang terlalu mirip dengan naskah asli, suatu aktifitas yang disebut plagiasi. Bahkan saat aktifitas tersebut dilakukan dengan tidak sengaja dan sumber pustakanyapun dituliskan.

jangan lupa untuk mencantumkan sumber.

baca juga:

Tren Kerudung 2018 yang Simple, Fasionable dan Minimalis

Control Buzzer Raspberry pi 3 menggunakan suara di android

20 Sang Inspirasi Gaya Hijab di Instagram yang OOTD 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *