√ 4 Situs Cek Plagiat Keren Dalam Pembuatan Karya Ilmiah

Situs Cek Plagiat Keren Dalam Pembuatan Karya Ilmiah

Situs Cek Plagiat – Kemajuan teknologi memang memudahkan dalam mendapatkan informasi, tidak sedikit orang menggunakan kemajuan itu untuk kegiatan yang tidak baik, salah satunya adalah plagarisme / plagiat.

Membahas tentang plagiat memang tidak ada habisnya. Sebab jika ada karya, maka pasti ada seseorang ingin mengutip lalu mengakuinya menjadi milik sendiri.

karena dalam mencari sebuah referensi, tidak menutup kemungkinan ada yang hanya melakukan copy paste, tanpa berfikir panjang.

Tentu anda ingin karya ilmiah anda bebas dari plagiat bukan ? ada baiknya sebelum melakukan cek plagiat. kita memahami dulu apa itu plagiat.

Cek Plagiarisme Dalam Pembuatan Karya Ilmiah

Jika anda ingin membuat karya ilmiah, anda wajib mengerti dan paham tentang plagiat itu sendiri. Apabila sudah paham, maka membantu anda dalam menulis karya ilmiah dengan cepat.

1. Apa itu plagiat

Apa itu Plagiat ? Plagiat atau Plagiarisme ialah penjiplakan atau mengambil seluruh atau sebagian isi karya orang lain dan mengakui sebagai karya ciptaan sendiri.

Dari pengertian dapat disimpulkan secara kasar plagiat adalah kegiatan seseorang yang melakukan pencurian atau pengambilan tanpa izin. Orang yang melakukan plagiat disebut sebagai plagiator.

plagiat adalah suatu tindakan mengambil gagasan, kalimat, ide dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan sendiri.

Plagiarisme adalah “meniru atau menggunakan hasil bahasa dan pemikiran penulis lain dan mengakui sebagai karya milik sendiri”, Random House Dictionary Compact Unabridged.

Lebih lengkap pembahasan lebih lengkap, silahkan baca apa itu plagiat.

2. Jenis Plagarisme

Bagi anda yang belum tau, Jika ditilik, tidak semua tindakan plagiat itu dalam 1 jenis saja. plagiat sendiri memilki jenis yang berbeda, dilihat dari isinya, sumbernya, dan cara penulisannya. berikut adalah jenis jenis plagarisme:

  1. Plagarisme Lengkap, yaitu mengambil seluruh isi karya seseorang secara utuh yang dilakukan oleh plagiator.
  2. Plagarisme Parsial, yaitu mengutip 2 atau 3 sumber berbeda yang membahas hal yang sama lalu dijadikan satu, plagiat ini ditandai dengan terdapat banyak sinonim yang sama dan berulang ulang.
  3. Self plagarisme, menulis ulang seluruh atau sebagian menggunakan karya sendiri.
  4. Sumber Kutipan, mengutip beberapa sumber, tetapi tidak memberikan informasi yang dapat diakses.

Selain jenis, plagiat juga memiliki ciri ciri. silahkan baca ciri ciri plagiat karya ilmiah.

3. Cek Plagiat

Setelah anda mengatahui apa itu plagiat dan jenisnya, tibalah saatnya kita membahas cara cek plagarisme dalam pembuatan karya ilmiah seperti penelitian, skripsi, thesis dan lain sebagainya.

Tools ini, dapat anda gunakan secara gratis ataupun berbayar. adapun sebagai berikut.

1. Smallseotools gratis

Situs : Smallseotools

Aplikasi ini merupakan aplikasi pertama dan sering saya gunakan dalam melakukan pengecekan karya ilmiah baik itu skripsi. Aplikasi ini memberikan kemudahan karena dapat diakses melalui web.

Website ini memberikan hasil plagiat dari berbagai sumber yang ada dalam internet. Jadi anda dapat menjadikan tolak ukur seberapa original kah karya yang anda buat.

Langkah lengkapnya ada disini

2. Duplichecker

Situs : Duplichecker.

Anda juga dapat melakukan compare jika di dalam kalimat skripsimu terdapat kalimat plagiat dan nanti akan ditampilkan situs dan jurnal mana saja yang sama dengan punyamu.

Fitur yang ditawarkan ini memang gratis, tapi untuk menikmati fitur yang lebih kompleks, anda harus mendaftar dan subscribe.

3. Plagarism Checker

Dengan menggunakan aplikasi ini, anda akan dapat melakukan pengecekan plagiat. situs mencari dan melakukan perbandingan dengan bantuan google dan yahoo. Memang kurang akurat untuk sekelas karya ilmiah, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

4. Turnitin

Rata – rata perguruan tinggi menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pengecekan karya ilmiah baik itu dosen ataupun mahasiswa.

Aplikasi ini sebenarnya digunakan siapa saja, anda hanya dapat melakukan pengecekan dengan cara menghubungi operator.

Tetapi karna akurasinya yang tinggi, membuat semua orang menjadi gundah gulana. saya memiliki seidkit saran agar anda tidak sulit mengatasi aplikasi ini, silahkan baca Tips dan cara mengatasi Plagiat di Turnitin

Akhir Kata

Itu dia beberapa situs cek plagiat gratis akurat dan berbayar yang bisa anda gunakan agar anda tidak menjadi plagiator karena tidak sengaja mengambil atau menyisipkan kata pada karya ilmiah anda.

Akhir kata, semoga bermanfaat.

Leave a Comment