Cara Mengetahui RPM Hardisk

Prinsip dasar yang bisa jadi pegangan kita sampai saat ini adalah, semakin cepat putaran HDD maka semakin cepatlah proses pertukaran data. lalu, apakah kamu penasaran bagaimana cara mengetahui RPM hardisk yang kamu miliki ?

RPM merupakan ukuran standar internasional yang menghitung berapa kali suatu benda berputar dalam 1 menit. RPM biasanya sering kita lihat di sepeda motor, mobil atau bahkan genset rumah.

Nah, bagi yang belum tau, sebenarnya satuan RPM juga terdapat Harddisk. karena didalam Hardisk terdapat komponen yang berputar. HDD memiliki kecepatan berbeda setiap merek.

Tapi yang populer digunakan adalah 5400 dan 7200 RPM, ini merupakan kecepatan standar agar komputer dapat digunakan untuk kebutuhan sehari – hari.

Tapi jika kamu mengingikan komputer untuk menjadi server atau untuk bermain game berat, tentu ini tidak cocok. karena game dan server membutuhkan resource yang besar, dan tentu membutuhkan putaran RPM yang lebih cepat lagi agar proses pertukaran data dapat berjalan stabil. Itu makanya faktor ini penyebab beberapa laptop atau komputer yang lag. Karna proses yang berat, maka hadirlah SSD untuk mengobati masalah itu.

Cara Cek RPM Hard Drive

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dan sangat mudah dipahami. diantaranya:

1. Lihat Label Harddisk

cara mengetahui rpm hardisk dari label hardisk

Ada cara yang sebenarnya sangat mudah untuk mendapatkan informasi mengenai kecepatan RPM HDD ini.

Manufaktur pembuat hardisk menyediakan informasi langsung di label yang menempel pada hardisk agar pembeli dapat melihat secara langsung tentang fitur dan kelebihan produk.

Tapi cara ini bisa sangat merepotkan jika sudah terpasang pada komputer dan laptop. karena kita harus membuka casing laptop atau desktop pc.

Nah, jika sudah terpasang, dan tidak ingin repot buka casing, ada baiknya kamu gunakan cara kedua.

Baca juga : Cara Membedakan Windows 10 Asli dan Bajakan

2. Lihat di Internet

Coba kamu ingat ingat lagi merk hardisk yang kamu beli. kamu bisa melihat kecepatan RPM dan informasi lainnya di internet jika kamu tau nomor seri dan merk hardisk tersebut.

kalo kamu tidak mengetahui mereknya, jangan berkecil hati, kamu bisa gunakan cara berikut ini:

  1. Silahkan ketik “device manager” pada fitur pencarian jika kamu menggunakan windows 10 8 dan 7.
cara mengetahui rpm hardisk dari device manager
  1. Selanjutnya pilih opsi pilihan Disk drives dan kamu akan melihat merk dan kode harddisk tersebut.
cara mengetahui rpm hardisk dari device manager
  1. Silahkan ketik di google merek dan kode HDD tadi. Jika kamu tidak menemukan informasi dari sebuah blog atau website informasi, kamu bisa mengunjungi situs jualan online. seperti di contoh saya ini, saya melihat pada situs ecommerce.
cara mengetahui rpm hardisk dari internet

Sangat mudah bukan ? saya saja untuk melihat informasi ini tidak sampai 1 menit. tergantung koneksi internet sih hehe. dan BTW, saya terkejut melihat kecepatan harddisk saya yang cuma 5400 RPM haha.

3. Gunakan Aplikasi membaca RPM HDD

Aplikasi membaca RPM HDD

 CrystalDiskInfo, Jika dirasa kurang akurat kamu bisa loh menggunakan aplikasi membaca RPM HDD. cara mengatahui RPM hardisk menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah.

Kamu cukup download dan install di laptop atau desktop PC maka, otomatis informasi HDD akan tampil. Aplikasi ini juga menginformasikan spesifikasi HDD.

Aplikasi ini juga disarankan jika kamu menggunakan beberapa hardisk sekaligus. karena kamu tinggal memilih hardisk yang ingin kamu cek detail informasinya.

Baca juga : Cara Mengatasi Windows Cannot Access

Nah, itu beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek RPM HDD. Jika kamu mengalami kesulitan dan silahkan gunakan kolom komentar, maka akan saya bantu untuk mencarikan solusinya.

Tinggalkan komentar