Reset BIOS Komputer, Ini 2 Cara Reset dan Jumper CMOS

Cara Reset BIOS Komputer adalah langkah dasar para teknisi untuk melakukan perbaikan pada komputer seperti laptop dan PC.

Melakukan Reset BIOS dapat mengatasi permasalahan gagal booting dan lupa password BIOS.

Reset BIOS sebenarnya sangat jarang digunakan, bahkan ketika saya membeli laptop 10 tahun yang lalu, saya baru sekali melakukan reset BIOS pada laptop tersebut. Itu dikarenakan baterai CMOS yang sudah tua, dan tak bisa lagi menyimpan pengaturan waktu dan tanggal.

Apa itu BIOS ?

Singkatnya BIOS (Basic Input Output System) merupakan antar muka yang menyimpan setting dasar Komputer. BIOS menginisiasi agar komponen hardware dapat bekerja sama dalam 1 sistem saat komputer dinyalakan (Power On Self Test). BIOS bisa menampung banyak sekali pengaturan yang kita buat semisal pengaturan Virtualization.

Sekedar informasi, BIOS juga dapat mengalami error loh, karena banyaknya setting/pengaturan yang kita buat.

Tapi permasalahan itu dapat teratasi dengan mengatur ulang BIOS seperti saat pertama kali kita menggunakan komputer atau laptop tersebut.

Untuk reset BIOS sebenarnya sangat mudah, karena kita cukup melakukan jumper CMOS.

Apa itu CMOS ?

CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) adalah benda yang tedapat pada di motherboard yang berfungsi menyimpan semua pengaturan BIOS.

Lalu apa itu Jumper CMOS ? yaitu teknik untuk melakukan reset BIOS tanpa mencopot/melepaskan baterai CMOS.

Baterai CMOS ini berfungsi untuk menjaga pengaturan yang kita buat di BIOS jadi tidak perlu mengatur ulang settingan BIOS dan pengaturan waktu dan tanggal.

Cara Reset BIOS di Komputer PC dan Laptop

2 cara reset bios di komputer

Nah, setelah sekilas informasi tadi, kini saatnya kita masuk ke tutorial mengatur ulang BIOS. ada 2 cara yang dapat dilakukan yaitu:

  1. Jumper CMOS
  2. Lepas Baterai CMOS

Untuk pembahasan lengkap, silahkan simak langkah langkah dibawah ini.

1. Reset BIOS dengan Jumper CMOS

Jumper CMOS atau biasa disebut Clear CMOS adalah Cara pertama yang bisa anda lakukan tanpa harus melapas baterai CMOS . cara ini terbukti ampuh untuk mereset pengaturan BIOS.

Cara ini bisa digunakan apabila anda tidak bisa melepas/mencabut baterai CMOS yang terdapat pada Motherboard. karena sebagian komputer/laptop terkadang sangat sulit untuk melepas baterai CMOS nya.

Adapun langkah – langkahnya :

  1. Matikan Komputer seperti biasa, lalu silahkan cabut kabel power dari stop kontak dan tunggu beberapa menit agar arus listrik benar – benar hilang.
  2. Buka cover pelindung CPU dan cari jumper CMOS disekitar baterai CMOS yang bertuliskan CLR CMOS.
  3. Jumper CMOS umumnya terdiri 2 pin atau 3 pin bahkan lebih mudah lagi, beberapa komputer sudah menyisipkan tombol Clear CMOS pada Motherboard jadi semakin praktis.
  4. Jika Jumper CMOS anda tediri dari 2 pin. anda bisa menggunakan obeng atau kabel agar kedua kedua pin tersebut dapat saling terhubung.
 reset bios 2 pin
  1. Cara reset BIOS untuk 3 pin biasanya disedikan jumper, maka anda tinggal cabut jumper tersebut, dan pasang kembali dengan memutar jumper tersebut beberapa detik. Lalu pasang ke posisi semula.
 reset bios 3 pin
  1. Sedangkan untuk penggunakan tombol jumper, anda bisa menekan tombol reset beberapa detik, secara otomatis reset BIOS akan berhasil.
reset pin tombol reset
  1. Tekan tombol Power selama 10-15 detik.
  2. Pasang kembali cover pelindung dan kabel power.

Jika langkah yang anda lakukan sudah benar, maka otomatis pengaturan BIOS akan kembali seperti default karena pengaturan yang anda buat sebelumnya telah hilang dan permasalahan seperti tidak bisa booting dapat terselesaikan.

Karena pengaturan telah hilang, maka settingan waktu dan tanggal akan kembali ke default. Anda dapat melakukan setting jam di Windows atau di jendela BIOS.

2. Reset BIOS Dengan Cabut Baterai CMOS

lepas baterai cmos reset cmos

Cara yang kedua ini juga bisa anda lakukan untuk mereset BIOS komputer. Cara ini cukup mudah dan rata – rata teknisi melakukan cara ini.

Anda hanya cukup melepas baterai CMOS beberapa detik, maka secara otomatis BIOS akan kembali ke pengaturan awal.

Langkah-langkahnya:

  1. Matikan komputer dan cabut kabel power.
  2. Diamkan beberapa menit agar aliran listrik hilang.
  3. Buka cover pelindung dan cari dimana posisi baterai CMOS. Bentuk dari baterai ini seperti baterai jam yang pipih dan bernomor seri CR2032
  4. Copot dengan hati-hati.
  5. Tekan tombol power sekitar 10-15 detik agar sisa daya habis dan mengosongkan memory CMOS.
  6. Pasang kembali baterai CMOS seperti semula
  7. Tutup cover pelindung dan pasang kembali kabel power.

Bagaimana, cukup mudah bukan ? akibat dari mengosongkan memory CMOS adalah pengaturan BIOS kembali seperti Default seperti yang saya jelaskan sebelumnya.

Kedua cara diatas dapat dilakukan pada komputer dan laptop. untuk laptop sendiri, anda tidak perlu melepas baterai utama pada laptop anda.

untuk lebih jelas, saya menambahkan video yang menurut saya sangat relevan untuk cara reset BIOS di komputer.

Hal yang menyebabkan Error padahal sudah Clear CMOS dan Reset BIOS

jika anda sudah melakukan cara reset bios di komputer diatas, tapi masih tetap terjadi error seperti layar hitam, maka kemungkinan kerusakan terjadi pada hardware perangkat komputer anda.

Contohnya bisa saja :

  1. Hardisk anda yang rusak,
  2. Ram yang tidak terpasang sempurna,
  3. Power Supply tidak terpasang dengan benar
  4. komponen hardware yang sudah rusak.

Solusinya adalah memeriksa semua komponen hardware tidak rusak. dan jika rusak, segera ganti baru.

Kesimpulan

BIOS merupakan jendela yang menyimpan pengaturan dasar agar perangkat hardware dapat saling bekerja sama 1 sistem yang sama. jika BIOS error maka proses booting tidak akan berhasil. anda dapat melakukan reset bios di komputer menggunakan 2 cara yaitu Jumper CMOS dan Cabut baterai CMOS.

Semoga tutorial ini dapat membantu menyelesaikan masalah anda. jika anda mengalami kendala, silahkan tulis di kolom komentar. akhir kata, semoga bermanfaat.

Leave a Comment