Rekomendasi Program KKN Yang Sederhana Namun Tetap Membawa Manfaat Besar

Rekomendasi Program KKN, Mana nih suaranya mahasiswa yang akan melaksanakan KKN dalam waktu dekat? Apa sih yang kamu pikirkan ketika mendengar tentang KKN? Pasti hal pertama yang ada di benakmu adalah harus membuat program kerja yang luar bisa mengesankan seperti melakukan perbaikan jalan desa, pembagunan masjid, atau program lain yang harus mengeluarkan biaya cukup banyak. Namun, semua pemikiran itu salah! Program KKN tidak melulu harus mengeluarkan biaya yang besar, ada banyak sekali rekomendasi program KKN yang bisa dilakukan dengan sederhana dan tidak memerlukan biaya banyak namun manfaat yang akan didapat cukup besar.

Sebelum mengetahui beberapa rekomendasi program KKN yang sederhana dan mudah, terlebih dahulu kamu wajib mengetahui apa sih KKN? KKN merupakan sebuah singkatan dari Kuliah Kerja Nyata yaitu sebuha kegiatan perkuliahan dan kerja lapangan yang menjadi pengintegrasian dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa secara prgamatis, berdimensi luas melalui pendekatan interdisipliner, komprehensif, dan lintas sektoral. Program KKN ini wajib diikuti oleh mahasiswa program Strata-1 (S1). Ada dua jenis KKN yang dikenal, yang pertama yaitu KKL-PPL Terpadu untuk mahasiswa program kependidikan dan KKN masyarakat untuk program non-kependidikan.

Sebelumnya Baca ini dulu Kegiatan Seru saat kkn

Beberapa Program KKN Sederhana Yang Bisa Kamu Lakukan

Saat menjalani kegiatan KKN, sebagai mahasiswa tentu kamu akan ingin memberikan manfaat untuk Desa tempat dimana kamu menjalani KKN bukan? Namun, sebagai mahasiswa kita pasti menyadari biaya yang dimiliki untuk bisa membangun Desa seperti infrastruktur dan lainnya akan sangat terbatas. Oleh karena itu, berikut ini beberapa rekomendasi program KKN yang sederhana namun tetap bisa memberikan manfaat besar :

rekomendasi program kkn - mengajar mengaji

1. Mengadakan Les Belajar dan Mengaji Untuk Anak-anak

Membantu anak-anak untuk mengerjakan tugas sekolah dan mengaji tentu menjadi hal yang sangat mulia. Selain bisa membantu anak-anak, secara tidak langsung kamu juga bisa membantu orang tua karena mereka tidak perlu pusing-pusing untuk mengajarkan pelajaran kepada anaknya berkat bantuan dari anak KKN. Disini kamu bisa membantu anak-anak lingkungan Desa untuk mendapatkan metode belajar yang berbeda dari yang mereka dapatkan saat disekolah, tentunya dengan cara yang lebih seru dan menyenangkan.

Baca juga : Tips Sukses KKN

2. Mengadakan Promosi Potensi Desa Melalui Media Sosial

Jika lokasi KKN mu memiliki objek wisata yang telah dikembangkan, kamu bisa membantu warga desa untuk mempromosikan objek wisata tersebut. Kamu bisa memulaiya dengan membuat dan mengoptimalisasikan website serta media sosial. Program ini bisa kamu lakukan dengan perencanaan dan pengembangan yang baik sehingga objek wisata yang kamu promosikan menjadi lebih dikenal. Bukan hanya desa dengan potensi wisata saja yang bisa kamu lakukan, desa dengan potensi ekonomi seperti banyaknya UMKM juga bisa kamu promosikan lho!

3. Mengadakan Gagasan Desa Melek Teknologi

Kegiatan KKN biasanya akan ditempatkan pada lokasi dimana warganya buta dengan teknologi. Dengan begini memberikan gagasan Desa melek teknologi akan memberikan manfaat untuk masyarakat desa baik itu para pemudanya atau orang tua. Mengadakan program pelatihan penggunaan microsoft office dan media sosial akan sangat disarankan.

4. Mengadakan Program Inisiatif

Program Inisiatid merupakan program untuk membuat warga desa bisa bahagia dengan berkumpul bersama. Kamu bisa mengadakan acara hiburan seperti nonton bareng atau pentas hiburan yang akan menampilkan bakat dari warga sekitar. Tentu saja program ini harus kamu selingi dengan informasi yang akan menambah pengetahuan hadirin yang datang

Nah, itu dia ke-4 rekomendasi program KKN yang sederhana namun juga tetap bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi warga desa setempat. Bagaimana? Semua kegiatan tersebut bisa kamu lakukan secara praktis, efektif, dan yang terpenting adalah tidak memerlukan banyak anggaran. Kira-kira program mana yang menarik untuk kamu lakukan bersama dengan kelompok KKNmu?

Tinggalkan komentar