Cara Mengatasi Memori penuh di HP OPPO

Cara Mengatasi Memori penuh di HP OPPO

Memori penuh di HP OPPO – penyimpanan menjadi hal yang sangat penting pada setiap perangkat pintar seperti smartphone, tidak telepas hp OPPO.

Kualitas HP OPPO terbilang cukup baik, itu dikarenakan banyak pengguna HP OPPO yang masih betah menggunakan smartphone mereka untuk kegiatan sehari hari, baik itu bisnis, bermain sosial media dan lain sebagainya.

Karena sudah lama digunakan, tentu muncul pesan penyimpanan internal hampir penuh dan perlu dilakukan optimasi agar penyimpanan HP OPPO menjadi lega.

Apalagi, jika penyimpanan kurang dari 10% bisa mengakibatkan lag yang sangat parah. Ini dikarenakan sistem membutuhkan ruang kosong sebeasar 10% dari penyimpanan memori internal OPPO agar bisa sistem bisa berjalan dengan baik.

Brand OPPO menyediakan berbagai macam jenis memori internal, ada yang 4GB, 8GB, 16 GB, dan lain sebagainya dan saya salah satu pengguna dengan internal 16GB.

Sebagai pengguna HP OPPO yang sudah saya gunakan selama lebih kurang 4 tahun, dan masih saya gunakan sampai sekarang, saya tidak tidak pernah mendapatkan pesan error ruang penyimpanan penuh. Penasaran apa yang saya lakukan untuk mengatasi penyimpanan internal hampir penuh tersebut ?

Cara Mengatasi Penyimpanan Internal Hampir Penuh

Biasanya pesan yang muncul adalah “Ruang Penyimpanan Penuh”, “Ruang Penyimpanan Hampir Habis”, “Penyimpanan Tidak Memadai“. Baca dan pastikan lagi ya, berikut beberapa cara dalam mengatasi masalah tersebut.

1. Pindahkan/Backup Media Whatsapp (Audio, Foto, Video Dan Dokumen)

Pindahkan/Backup Media Whatsapp

Sebenarnya, aplikasi yang paling banyak menggunakan memori adalah WhatsApp, jika kamu adalah orang yang rajin berkirim pesan menggunakan Whatsapp berupa gambar, audio, video dan dokumen.

File file ini juga ditumpuk bisa menghabiskan bergiga giga penyimpanan HP anda. Sebaiknya backup dan pindahkan ke google drive atau memori eksternal.

cara backup ke google drive sangatlah mudah, anda tinggal mengikuti langkah dibawah ini:

  • Buka WhatsApp pada hp oppo lalu pilih opsi lainnya
  • buka setelan >  Chat > Cadangan chat > Cadangkan ke Google Drive.
  • Pilih opsi frekuensi cadangan bulanan
  • Lalu pilih akun gdrive dan mulai cadangkan.

untuk referensi lainnya, kamu dapat melihat disitus resmi whatsapp.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan Lagi

Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan Lagi

Menyimpan aplikasi pada HP sebenarnya tidak ada masalahnya, tapi jika penyimpanan HP kamu kecil, ini tentu memakan banyak memori.

Seperti game yang tidak digunakan lagi, maka sebaiknya dihapus saja agar penyimpanan dapat digunakan untuk hal yang lebih berguna.

Untuk menghapus aplikasi atau game yang tidak digunakan lagi, adalah sebagai berikut,

  • Buka pengaturan
  • Gulir ke bawah dan ketuk pengaturan tambahan
  • Ketuk manajemen aplikasi lalu pilih opsi diinstall
  • terakhir pilih aplikasi, dan hapus instalasi.

Baca juga Cara Mematikan Update IDM

3. Pindahkan Foto, Audio, dan Video ke Google Drive.

kenapa ke Google Drive ?, saya pribadi tidak menggunakan micro SD pada HP OPPO yang saya miliki, saya menyimpan file tersebut ke Google Drive. bagi yang belum tau, Gdrive memberikan 15 GB penyimpanan gratis yang bisa kita lakukan untuk menyimpan data apa saja.

Di era internet 4G atau bahkan akan menuju 5G ini, saya rasa tidak ada salahnya meletakkan foto, musik, dan video tadi di Google Drive. Karena kecepatan intenet yang sangat cepat, anda tidak perlu menunggu lama untuk memindahkan file tersebut apalagi jika anda menggunakan wifi.

untuk menyimpan file ke dalam Google Drive, anda bisa menggunakan cara berikut:

  • Ketuk menu pengelola file lalu masuk ke penyimpanan internal,
  • Lalu klik folder DCIM,
  • Pilih dan upload file ke google drive,
  • Terakhir hapus file tadi dari penyimpanan internal.

4. Pindahkan Foto, Audio Dan Video Ke MicroSD

Solusi lainnya yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan penyimpanan eksternal. Hp OPPO dikenal dengan kualitas foto yang baik, sehingga setiap fotonya memiliki file yang terbilang besar. Untuk mengatasi itu anda bisa menggunakan memori eksternal.

Dengan memindahkan semua file tadi, tentu akan membuat HP OPPO mu menjadi lebih lega dan pesan penyimpanan penuh tidak akan muncul lagi.

  • Buka pengelola file > penyimpanan > internal,
  • Pilih file (foto, audio dan video) yang akan dipindahkan ke microSD,
  • Ketuk opsi potong / Cut dan letak pada folder yang diinginkan pada microSD.

Silahkan dibaca Cara Membedakan Windows 10 Asli dan Bajakan.

5. Gunakan Aplikasi Streaming Musik.

Jika anda penyuka musik, tentu akan menyimpan banyak musik di dalam HP OPPO tersebut. ini juga bisa menjadi penyebab penyimpanan internal hampir penuh. cara terbaik adalah menyimpannya ke dalam google drive, atau menghapusnya dan gunakan aplikasi streaming musik.

Saya sendiri tidak menyimpan musik ke dalam HP saya. karena penyimpanan HP OPPO saya terbilang kecil sekarang ini, hanya 16 GB.

Sudah banyak aplikasi streaming musik gratis yang bisa kamu gunakan sehari hari dan gratis tentunya.

6. Hapus File Cache Android

Alasan saya menempatkan cara ini di nomor 6 karena anda tidak perlu bolak balik membersihkan cache saat sedang memindahkan file atau menghapus aplikasi.

Untuk menghapus cache manual tanpa aplikasi anda bisa menggunakan langkah langkah berikut:

Buka Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari Aplikasi Yang Ingin Dihapus Cache >> Tab Hapus Cache.

Kalian juga bisa membersihkan file cache yang sudah menumpuk terlalu banyak pada HP OPPO cukup dengan mudah dengan aplikasi bawaan dari android. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi pusat keamanan.
  • Lalu pilih opsi bersihkan dan percepat.
  • Silahkan tunggu sebentar, sampai proses scanning selesai.
  • Terakhir, hapus cache.

Anda juga dapat menggunakan opsi penghapusan penuh pada aplikasi ini, tapi ini tidak saya sarankan jika anda tidak mengetahuinya, jika salah, anda bisa saja menghapus file penting dari perangkat HP OPPO anda.

Terakhir, anda bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan file cache dan recidual sampai bersih seperti ccleaner.

Nah, itu dia beberapa cara yang saya gunakan untuk mengatasi penyimpanan internal hampir penuh.

Perlu dicatat, saya tidak merekomendasikan menggunakan cara factory reset OPPO, karena cara ini sama saja anda kehilangan seluruh file yang ada di HP anda.

Akhir kata.

Dengan menggunakan beberapa cara diatas, membantu saya mengatasi masalah ini. semoga HP OPPO kembali normal dan dapat digunakan lagi.

Metode ini bisa anda gunakan pada HP merek OPPO A37, OPPO a53, OPPO a59, OPPO a12, a31, a92 dan OPPO merk OPPO lainnya.

Semoga ulasan ini memberikan manfaat untuk kita semua terlebih para pengguna HP OPPO, jika ada sesuatu yang ditanyakan, silahkan gunakan kolom komentar dibawah, akhir kata terima kasih.

Leave a Comment