Pengenalan CMS WordPress Lengkap Serta Contoh, Jenis, Fungsi

Zaman sekarang ini bukan suatu masalah ketika anda ingin website. Banyak penyedia layanan pembuatan website yang bertebaran di internet. Ada yang berbayar, ada juga yang gratis. Kali ini saya akan memberikan pengenalan CMS WordPress, yang mana CMS ini bersifat open source dan gratis yang dapat kamu gunakan untuk membuat website.

Pengenalan CMS WordPress

WordPress merupakan CMS yang dapat anda gunakan secara gratis karena bersifat open source.

Sebelum kita membahas apa itu cms wordpress ada baiknya anda mengetahui dulu apa itu Content Management System (CMS)

1. Apa itu CMS ?

Kumpulan CMS

Content Management System atau CMS dalam bahasa indonesia bisa disebut sistem manajemen konten adalah sebuat alat perangkat lunak yang digunakan untuk menambah, memanipulasi (ubah) isi dari suatu situs.

Menurut Wikipedia Content Management System (CMS) adalah apikasi yang dapat digunakan untuk menghandle pembuatan, pengeditan suatu konten.

CMS sendiri terbagi 2 lagi yaitu:

  • CMA (Content Management Application)
  • CDA (content delivery application)

CMA digunakan untuk mengelola konten website yang tidak memerlukan keahlian khusus dalam bahasa pemrograman seperti HTML, JavaScript, CSS, PHP dan lainnya.

Sedangkan CDA digunakan untuk menghimpun informasi yang sebelumnya sudah ditambahkan, dimodifikasi (edit), dan dikurangi oleh pemilik situs web untuk memperbaharui situs tersebut.

CMS umumnya memilik 2 tampilan, yaitu tampilan depan dan tampilan admin.

Tampilan depan berfungsi untuk menampilkan hasil pengerjaan atau postingan admin. sedangkan tampilan admin berfungsi untuk menambahkan konten, mengedit konten, menghapus konten.

Kecanggihan CMS sendiri tergantung dari fitur yang terdapat didalamnya. Penggunaan sistem hirarkiĀ yang ditetapkan tentu berbeda tiap CMS

Ada banyak CMS dan tak bisa saya sebutkan satu persatu, tapi kalau kamu ingin melihat, silahkan kunjungi wikipedia. tapi disini saya menyebutkan beberapa cms yang paling sering digunakan diantaranya:

  • Drupal
  • Joomla
  • WordPress
  • Plone
  • VBulletin
  • Moodle
  • MediaWiki
  • Opencart
  • PrestaShop

2. Jenis – Jenis CMS

Terdapat banyak sekali jenis CMS yang ada saat ini, tapi disini saya membahas beberapa cms yang populer dan memiliki fitur yang dapat menghendle suatu website dan fungsinya diantaranya

2.1 CMS Drupal

Drupal biasanya digunakan untuk membangun sebuah website sederhana dan juga forum online dengan komunitas yang besar.

CMS ini tidak mengedepankan desain kalah dari cms Joomla, tapi jangan salah, penggunaan drupal berada di ranking 2 penggunaan CMS setelah CMS WordPress. Kelebihannya sangat mudah di kostumisasi dan memiliki beberapa modul seperti search tools, dan agregator berita serta search engine frienly url.

2.2 CMS Joomla

CMS Joomla memakai lisensi GPL dan tentu bersifat open source sehingga dapat mengalami pengembangan. Joomla biasanya digunakan untuk pembuatan website sekolah, profile company, website personal.

2.3 CMS Plone

CMS Plone merupakan CMS yang dibangun menggunakan bahasa phyton yang sangat aman, resposif dan web solusi yang lengkap.

2.4 CMS WordPress

Merupakan CMS paling populer didunia sampai saat ini. CMS ini sangat responsif, aman, dan web solusi yang lengkap. Worpress dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya.

CMS WordPress tidak hanya tentang blog saja melainkan juga untuk membuat website seperti Company Profile, hingga Toko Online.

2.5 CMS VBulletin

CMS ini adalah CMS untuk membuat sebuah forum. seperti kaskus, ADS ID dan forum lainnya. berbeda dengan CMS sebelumnya yang bersifat open source, CMS Vbulletin bersifat berbayar, karena di dalamnya terdapat fitur private message, modul chat, dan fitur-fitur forum lainnya.

Penggunaan CMS ini biasanya oleh perusahaan besar atau forum yang sudah berskala besar.

2.5 CMS Moodle

CMS Moodle merupakan CMS yang digunakan untuk membuat aplikasi E-learning. Fitur yang terdapat di dalam CCMS ini sangat lengkap, mulai dari online test, forum, dan lainnya.

Tapi untuk penggunaannya sedikit rumit. anda harus memahami tentang cara dan menggunakannya.

Moodle CMS e-learning memiliki pengguna puluhan ribu dan tersebar diseluruh dunia. Kelebihan moodle yaitu sistem jaringan dan keamanan dapat diatur sendiri, ruang akses dapat dibatasi, sistem pembelajaran dapat disesuaikan, fitur lengkap untuk e-learning.

2.6 CMS Opencart & CMS Prestashop

Jika anda ingin membuat toko online, mungkin anda bisa menggunakan CMS Opencart. CMS ini dikhsuskan untuk membuat sebuah toko online.CMS ini banyak dipakai oleh kalangan developer dan personal untuk membuat toko online. CMS Opencart lengkap dengan fitur toko onlinenya.

3. Apa Itu WordPress ?

WordPress hadir pada tahun 2003 dan sampai sekarang masih aktif digunakan oleh para user wordpress. selain bersifat open source, wordpress juga memiliki banyak komunitas dan fitur. Hal ini yang membuat peminat wordpress sangat banyak.

WordPress satu dari beberapa CMS yang mampu membuat suatu website dengan mudah dan tentu kuat dalam hal pertahan.

WordPress sendiri sampai saat ini masih terus melakukan pembaharuan agar tidak adanya celah atau bug yang dapat dimasuki hacker. hal ini salah satu yang menjadikan pengguna wordpress sangat senang.

Berikut 5 CMS yang paling banyak digunakan dunia saat ini.

Anda dapat melihat CMS WordPress lah yang menempati urutan pertama, karena terdapat banyak sekali fitur, sangat mudah digunakan tentunya dukungan komunitas yang tersebar dimana-mana.

4. Contoh Pengguna WordPress

WordPress memiliki segudang fitur, sehingga penggunaannya tidak terbatas hanya untuk personal blog saja. Pengguna wordpress skala besar ada juga loh bahkan internasional seperti adobe. kamu dapat melihat contoh pengguna wordpress dibawah ini

5. Keunggulan WordPress

Karena bersifat open source dan banyak didukung oleh komunitas, CMS WordPress ini terus berkembang sejak awal peluncurannya. adapun keunggulan yang didapatkan ketika anda menggunakan CMS WordPress adalah:

  • Panel navigasi mudah digunakan
  • Sederhana dan fleksibel
  • Memiliki banyak plugin
  • Banyak pilihan widget

6. Kesimpulan

CMS dapat membantu anda dalam membuat website tanpa harus mengenal bahasa pemrograman. anda dapat memilih berbagai cms yang telah ada. CMS wordpress merupakan cms paling populer dan paling banyak digunakan, karena bersifat open source dan mendapat dungkungan komunitas, setiap harinya CMS WordPress selalu melakukan bug, agar penggunanya semakin nyaman. Untuk memulai menggunakan wordpress kamu dapat mendownload cms wordpress disini. silahkan lakukan intall di hosting anda. Jika masih bingung anda dapat mengunjungi tutorial wordpress. Sekian.

Leave a Comment