Mengatur Jadwal Defrag di Windows 10

Laptop atau komputer, yang sudah digunakan beberapa tahun atau bahkan beberapa bulan sudah pasti mengalami penurunan kinerja optimal. untuk melakukan pengoptimalan, ada banyak cara yang dapat dilakukan, seperti menghapus aplikasi yang tidak penting, menghapus file temp dan cache, atau melakukan defrag.

Windows sendiri membuat fitur defragment agar kinerja HDD (Hard Disk Drive) tetap terjaga seperti saat pertama kali digunakan.

Pada Windows 10, kita dapat melakuan deframent secara otomatis. jadi tidak perlu repot lagi untuk melakukan defrag secara manual. Fitur ini dapat dinikmati semua user terlebih user yang sibuk, remeh atau yang sedikit malas.

Kita dapat mengatur jadwal defrag sesuai keinginan kita. mulai dari daily, weekly atau bahkan monthly.

Nah, bagi yang penasaran cara defrag otomatis di Windows 10, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini ya!

Cara Defrag Otomatis di Windows 10

mengatur jadwal defrag di windows 10

Seperti yang saya katakan sebelumnya, model defragment di Windows 10 dapat dilakukan secara otomatis. So fitur ini ga jauh jauh dari aplikasi defrag bawaan Windows 10 ya.

  1. Ketik “defrag” pada kolom pencarian di taskbar dan buka defragment and optimize drives.
  2. Selanjutnya klik turn on pada jendela defrag yang muncul.
  3. Silahkan ceklis run on schedule, karena ini merupakan rekomendasi dari Windows sendiri.
  4. Selanjutnya, atur frekuensi sesuai keinginan anda. baik itu bulanan, mingguan atau bahkan harian.
  5. Selanjutnya tekan Ok untuk menerapkan yang telah kita buat tadi.

Sangat mudah bukan untuk mengatur jadwal defrag HDD di Windows 10.

Anda juga dapat mematikan defrag otomatis ini, caranya cukup menghilangkan ceklis pada run on schedule.

Baca juga : Tutorial Cara Defrag di Windows 10 Secara Optimal

Saran Penggunaan Defrag

defrag windows 10

Anda dapat mengatur frekuensi defrag sesuai keinginan. tetapi saya memberikan rekomendasi waktu defrag agar lebih optimal.

  • Aturlah frekuensi defrag sesuai dengan penggunaan laptop jika anda menggunakan SSD (Solid State Drive) pilihlah frekuensi bulanan.
  • Jika anda menggunakan laptop untuk kerja berat seperti bermain game, ada baiknya lakukan pilihlah jadwal defrag minimal seminggu sekali.
  • Jika digunakan untuk keperluan bekerja tanpa melakukan shutdown, silahkan pilih frekuensi defrag harian.

Saya sendiri menggunakan opsi mingguan karena saya menggunakan laptop ini untuk keperluan kerja dan blogger. tentu jika diperlukan saya juga melakukan defrag harian secara manual.

Defrag merupakan 1 dari sekian cara untuk mengoptimalkan kinerja komputer. Dengan sering melakukan defrag, anda turut membantu menjaga kinerja dari Hard Disk Drive dan membuatnya menjadi lebih awet.

Apabila saat anda membuka folder atau file terasa lelet daripada biasanya padahal sudah melakukan defrag otomatis, coba lakukan defrag secara manual.

Nah, sekian pembahasan cara defrag otomatis di windows 10. Semoga dapat membantu mengatasi masalah anda. Akhir kata semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar