Plugin Membuat Halaman Konfirmasi Pembayaran di WordPress

Sebenarnya ada banyak cara membuat halaman konfirmasi pembayaran di wordpress, bisa menggunakan script php, ataupun menggunakan plugin. tapi cara yang akan kita pelajari adalah dengan menggunakan plugin.

Selain mudah, dan tidak langsung bersentuhan dengan script, kamu hanya tinggal menginstalnya di wordpress kamu, lalu tinggal setting dan lengkapi beberapa syarat yang ada.

Remaja ini, Payment gateway sudah banyak beredar dan langsung terhubung ke toko online, dan sudah ada fitur konfirmasi pembayaran, tapi banyak step step yang harus dilalui sebelum mengintegrasikannya dengan toko online kamu.

Halaman konfirmasi sangat penting bagi sebuah website yang menjual product, karena dengan halaman konfirmasi pembayaran di website tentunya, akan mempermudah pelanggan melakukan konfirmasi pembayaran.

Ada beberapa plugin yang bisa kamu gunakan untuk membuat halaman konfirmasi pembayaran ini. tentunya tidak semua bersifat gratis, tapi kali ini kita akan membuat halaman konfirmasi pembayaran di wordpress dengan plugin gratis tentunya.

Plugin Konfirmasi Pembayaran di WordPress Gratis

Untuk step pertama, ada baiknya kamu melakukan backup wordpress kamu. Cara Backup dan Restore WordPress Dengan UpdraftPlus Hanya opsional saja.

Plugin konfirmasi pembayaran di wordpress yang bisa kamu gunakan secara free adalah ninja form dan contact form 7. Untuk step penginstalan dan cara menggunakannya akan dibahas sebagai berikut:

1. Ninja Form Plugin

Untuk plugin yang pertama yang bisa kamu gunakan adalah ninja form plugin untuk proses pengistalan kamu bisa menuju tab plugin > tab tambah baru > cari ninja form, instal dan aktifkan.

Setelah aktif, kamu menuju ke dasboard ninja form dan klik tambahkan baru dan pilih blank form.

membuat halaman konfirmasi pembayaran di wordpress

Disini kamu diminta untuk menambahkan bidang apa saja yang ingin kamu buat untuk membuat halaman konfirmasi pembayaran di wordpress. disini kamu bebas menambahkan field apa saja dengan menariknya dari kanan ke kiri.

Tapi kamu bisa menggunakan seperti kebanyakan halaman konfirmasi

  • Nama awal
  • Email
  • Nomor Hp
  • No Invoice (menggunakan text baris tunggal)
  • Pilih (Bank)
  • Jumlah bayar
  • Recaptha (jika dibutuhkan
  • Konfirmasi (kirim)

Atau lebih mudah kamu bisa liat gambar dibawah ini.

membuat halaman konfirmasi pembayaran di wordpress

Setelah kamu membuat field masing masing, kamu harus melakukan setting form dan melakukan pengaturan pada masing masing bidang yang sudah dibuat. Seperti mencentang wajib di isi dan lain sebagainya.

membuat halaman konfirmasi pembayaran di wordpress
klik icon gerigi untuk setting

Sesuaikan dengan bidang bidang yang telah disusun sebelumnya, setelah melakukan perubahan jangan lupa untuk klik simpan.

Pada tab menu email & tindakan dan lebih lanjut kamu bisa mengabaikanya.

Halaman konfirmasi pembayaran menggunakan ninja form sudah selesai dibuat, kamu dapat menggunakannya dengan membuat laman baru dan mencopy scriptnya.

2. Contact Form 7 Plugin

Cara kedua sebenarnya hampir sama dengan cara pertama, tapi disini kita menggunakan plugin yang berbeda.

Kenapa menggukan contact form 7 untuk membuat halaman konfirmasi pembayaran ? alasannya sebenarnya klasik, tidak ingin manambah plugin baru agar tidak membebani server. karna sudah membuat contact form sebelumnya.

Nah langkah awalnya ialah instal contact form 7 di dengan klik tab menu plugin > tambah baru > contact form 7 instal dan aktifkan. Buat bidang bidang seperti pada sebelumnya yang diatas.

Untuk tutorial konfigurasinya bisa dilihat seperti gambar dibawah.

Baca juga: Cara Membuat Breadcrumb di WordPress Tingkatkan SEO!

Setelah membuat desain bidang bidang seperti gambar dibawah, kamu harus melakukan setting form untuk setiap bidang yang ada.

membuat halaman konfirmasi pembayaran di wordpress

Perhatikan tanda merah, untuk menghasilkan text seperti dibawahnya, cukup kamu memilih salah satu tanda merah diatas.

Karena disini terdiri dari field dan combo box maka saya membuat 1 langkah masing masing.

Untuk text yang terblok biru, copykan ke ke kolom form sebelah kiri, dan untuk dan untuk tag yang dibawahnya pastekan di message body dibawahnya.

membuat halaman konfirmasi pembayaran di wordpress
Contoh untuk membuat bidang nama

Itu merupakan contoh untuk membuat bidang nama menggunakan text, kamu tinggal copy saja pada bagian berawarna biru atau insert tag.

membuat halaman konfirmasi pembayaran di wordpress
Contoh Pembuatan Bank

Setelah setting form selesai, selanjutnya setting untuk email notifikasi pemilik website dan salinan konfirmasi oleh si pengirim.

membuat halaman konfirmasi pembayaran di wordpress

Lakukan konfigurasi seperti gambar diatas, kamu tinggal memasukkan bidang bidang tadi agar terkirim ke email.

membuat halaman konfirmasi pembayaran di wordpress

Aktifkan fitur email 2, agar otomatis melakukan konfirmasi kepada pelanggan bahwa proses konfirmasi sedang diproses.

Untuk instalnya kamu tinggal copykan script dan buat halaman baru paste di halaman tersebut.

Itu dia beberapa plugin yang dapat membantu kamu untuk membuat halaman konfirmasi pembayaran di wordpress. Sebelumnya plugin diatas setau saya free digunakan terakhir saya mengupdate artikel ini, 5 maret 2020.

Tinggalkan komentar