Teknik Sederhana Melumpuhkan Kemera CCTV

CCTV berguna untuk mengawasi suatu tempat tanpa harus kita berada di tempat. Kita dapat mengawasi tempat tersebut di ruang kontrol ataupun secara online. lalu bagaimana cara melumpuhkan kamera pengawas CCTV?

Menonaktifkan CCTV sebenarnya bisa dilakukan dengan teknik sederhana, adapun sebagai berikut:

  1. Menggunakan Lampu Senter.
  2. Menggunakan Laser.
  3. Menutupi Lensa Kamera.

Teknik Sederhana Melumpuhkan / Menonaktifkan CCTV

Silahkan dibaca sampai habis ya, agar anda mendapat informasi yang lengkap dan dapat anda praktekkan nantinya. Untuk penjelasannya, anda dapat membaca ulasan dibawah ini. lengkap dengan langkah – langkahnya.

1. Menggunakan Lampu Senter LED

cara melumpuhkan kamera pengawas menggunakan lampu led
Lampu LED

Lampu senter dirumah anda dapat digunakan untuk melumpuhkan kamera pengawas loh. Syaratnya anda harus menggunakan Senter LED (Light Emitting Diode). Berikut Langkah-langkahnya:

  1. Cari tahu dulu dimana letak kamera berada.
  2. Arahkan Senter LED langsung kearah kamera CCTV.
  3. Posisikan Wajah Searah dengan Senter LED, bertujuan untuk mengahalangi wajah anda dari kamera pengawas.
  4. Tahan senter agar cahaya tidak kemana mana, langkah ini bertujuan agar wajah anda tidak terungkap saat anda sedang berada di area pengawasan CCTV.
  5. Pastikan wajah anda tidak terkena cahaya apapun.

Melumpuhkan kamera pengawas menggunakan senter akan lebih efektif jika anda melakukannya divmalam hari dan cara diatas akan berhasil jika anda melakukannya dengan cepat dan tepat.

Baca juga : Pintu Otomatis Arduino Menggunakan Sensor Ultrasonik

Ingat, saat anda mengarahkan cahaya senter ke kamera pengawas, otomatis operator akan mengetahui keberadaan anda, tetapi tidak mengetahui wajah anda dan pastikan wajah anda tidak terkena cahaya apapun.

2. Menggunakan Laser

cara melumpuhkan kamera pengawas menggunakan laser

Cahaya laser juga dapat melumpuhkan CCTV. Tetapi cara ini membutuhkan keterampilan akurasi yang tinggi. karena anda harus mengarakan cahaya laser tepat ke arah Camera. Jika titik laser lepas dari kamera, maka wajah anda akan terlihat oleh operator.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Sama seperti menggunakan senter, cari dahulu dimana letak kamera CCTV berada.
  2. Arahkan cahaya laser langsung ke tengah kamera CCTV.
  3. Tahan dan jangan sampai arah cahaya laser begerak.

Cara ini terlihat lebih halus daripada menggunkan senter, dikenakan cahaya laser tidak melebar. semakin kuat cahaya laser, maka semakin bagus juga efek yang dihasilkan.

Laser bisa digunakan siang hari ataupun malam hari. tapi lebih efektif jika digunakan dimalam hari.

Ada beberapa kekurangan menggunakan laser ini diantaranya:

  • Karena cahaya laser itu kuat, jangan mengarahkan langsung ke mata anda, karena bisa menyebabkan anda tidak bisa melihat sementara.
  • Mengharuskan memiliki kemampuan akurasi yang bagus.

3. Menutupi Lensa Kamera

Cara terakhir yang paling efektif adalah menutupi kamera pengawas menggunakan kain, jelly, ataupun krim yang dapat membuat efek lengket.

Hal ini dapat membuat kamera pengawas lumpuh kerena lensa kamera yang tadinya bersih berubah menjadi buram. untuk langkah-langkah menutupi lensa kamera adalah sebagai berikut:

  1. Cara posisi kamera CCTV berada.
  2. Dengan hati hati, dan jangan sampai wajah anda tertangkap kamera CCTV tempelkan krim atau jelly yang lengket tadi.
  3. Jika anda menggunakan kain, selimuti CCTV menggunakan kain.
  4. Selesai.

Sebagai catatan: ada baiknya anda tidak meninggalkan jejak yang dapat dideteksi seperti sidik jari. gunakan sarung tangan agar langkah ini menjadi lebih efektif.

CCTV tidak dapat dilumpuhkan ? Sebenarnya tidak semua CCTV dapat dilumpuhkan menggunakan cara diatas, karena beberapa CCTV sudah dilengkapi dengan filter cahaya.

So, anda bisa menggunakan kacamata hitam, topi, jaket atau bahkan menggunakan sarung tangan untuk mengelabui CCTV.

Sekedar informasi, Menghindari kamera pengawas / CCTV bukanlah tindakan ilegal. mengenai kejahatan dan tindakan ilegal itu masalah lain. pertimbangkan apa yang anda lakukan dan pikirkan apa kegunaannya.

Kesimpulan

Melumpuhkan kamera pengawas dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu menggunakan senter LED dan Laser serta menutupi lensa kemera secara langsung. cara ini efektif dilakukan pada malam hari. sedangkan untuk disiang hari, anda bisa menggunakan cahaya laser. Ada beberapa CCTV yang tidak dapat dilumpukan yaitu yang mempunyai filter cahaya.

Semoga tutorial ini dapat membantu menyelesaikan masalah anda. jika anda mengalami kendala, silahkan tulis di kolom komentar. akhir kata, semoga bermanfaat.

Referensi :  http://makezine.com/2008/02/20/temporarily-blind-surveil/

Leave a Comment