Panduan Lengkap Instal WordPress di XAMPP Localhost

Kali ini kita akan membahas bagaimana instal wordpress di xampp dan dapat diakses tanpa menggunakan internet. kelebihan yang didapat saat instal wordpress di localhost adalah kita dapat melakukan uji coba. seperti edit tema dan lain sebagainya.

Kelebihannya pun kamu tetap bisa mengakses kumpulan tema yang ada pada direktori wordpress sendiri, baik itu plugin maupun tema. memudahkan bukan ?

Nah langsung saja deh kita bahas cara menginstal wordpress di localhost.

Tapi sebelum menginstal wordpress, kamu harus menginstal xampp dulu karena wordpress membutukan database untuk agar wordpress dapat mengelola data yang ada di databasenya.

Bagi kamu yang belum instal silahkan baca artikel ini, cara instal xampp. jika sudah silahkan lanjutkan ke bagian utamanya.

Cara Instal WordPress di XAMPP

Ingat, selalu gunakan xampp versi terbaru, kenapa ? karena semakin tinggi versi xampp, maka versi php yang berjalan di komputer kita juga semakin tinggi. Agar semakin smooth nantinya jika ingin melakukan oprek oprek, tapi menggunakan 2 versi lebih rendah pun tidak masalah, minimal sudah menggunakan versi php 7 ya.

Download file wordpress terbaru di directory wordpress. download wordpress.org

Setelah selesai download, pindahkan file wordpress tadi ke folder xampp > htdocs. biasanya forlder xampp ada di data C kamu atau bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.

instal wordpress di xampp

Catatan: kenapa di folder htdocs, karena browser hanya dapat menjalankan aplikasi yang terletak htdocs, jika kamu memindahkan ke folder lain, tidak akan bisa diakses.

Silahkan decompress file wordpress zip tadi, dan biarkan saja namanya tetap wordpress, atau kamu dapat melakukan rename, disini saya melakukan rename testblog.

Buatlah database yang ingin kamu gunakan, disini bebas kamu membuat nama databasenya testblog. kalau kamu bingung cara buat database, kamu kunjungi link berikut dan langsung mengarah ke phpmyadmin. http://localhost/phpmyadmin/

Klik new > masukkan nama database, lalu pilih create

instal wordpress di localhost

Catatan: pastikan kamu mengaktifkan apache dan mysql di dashboard XAMPP.

Setelah database berhasil dibuat, langsung akses wordpress offline kamu dengan mengunjungi localhost > nama blog kamu. contoh seperti saya (http://localhost/testblog). Pilih bahasa yang bisa kamu gunakan tentunya.

Klik lets go.

Isilah nama database kamu, disini saya menamai database, username, password, database host, table prefix.

Secara default, username cukup kamu isi root dan pada bidang password kamu kosongkan saja. database saya testblog, username root dan password kosong sedangkan database host isi dengan localhost, table prefix bisa kamu isi dengan wp_ seperti gambar dibawah.

instal wordpress di xampp

Kirim dan nanti akan muncul run the installation

instal wordpress di xampp

Isikan data pada bidang yang ada, username dan password untuk login wordpress offline dan nama websitemu. lalu klik instal wordpress.

instal wordpress di localhost

Selamat, wordpress mu udah ada di localhost, kamu tinggal login dan bisa melakukan segala hal di wordpress offlinemu. oh iya, tidak ada perbedaan dari wordpress di hosting dengan di localhost, kamu tetap bisa mengintal plugin, instal tema, dan lain sebagainya, layaknya seperti wordpress online.

instal wordpress di localhost

Setelah melakukan login, akan tampil menu dasboard admin wordpress kamu, dan berikut gambar penambahan tema dan plugin.

instal wordpress di xampp
tema tetap dapat di instal walau menggunakan wordpress offline
instal wordpress di localhost
tampilan plugin

Gimana, mudah bukan instal wordpress di xampp.

Oke, itu dulu panduan membuat wordpress offline di localhost, jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk bertanya dikolom komentar.

Tinggalkan komentar