6 Kegiatan Seru dan Menarik Yang Bisa Dilakukan Saat KKN di Desa

contoh kegiatan kkn di desa

Trenpedia.com | Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan salah satu tahapan yang wajib diikuti oleh mahasiswa tingkat strata 1 (S1) sebagai syarat kelulusan. KKN sebagai bentuk dari pengabdian terhadap masyarakat di suatu wilayah tertentu dan dalam kurun waktu tertentu ini dilakukan oleh beberapa anak yang akan tergabung dalam satu kelompok.

Disini mahasiswa wajib untuk melakukan beberapa kegiatan dengan sifat yang membangun atau mengedukasi warga desa.

Ada banyak sekali contoh kegiatan KKN di Desa yang sangat seru dan menarik, kira-kira apa saja sih?

Ini Dia Contoh Kegiatan KKN di Desa Yang Seru dan Menarik

Untuk bisa menciptakan kenangan terbaik saat menjalani KKN, kalian harus melakukan beragam macam kegiatan yang seru dan menyenangkan bukan? Dengan begitu kalian tidak akan terbebani dengan bayang-bayang nilai akhir yang akan kalian dapatkan. Contoh kegiatan KKN di Desa yang biasanya dilakukan memang bisa terdiri dari berbagai macam bidang seperti keagamaan, kesehatan, tanggap bencana, keiwrausahaan, pendidikan, lingkungan, dan masih banyak lainnya.

Berikut ini beberapa contoh kegiatan KKN di Desa yang bisa menjadi inspirasi untuk kalian lakukan saat melakukan kegiatan KKN nantinya, dijamin seru dan menarik :

Bidang Keagamaan

Indonesia terkenal akan masyarakatnya yang cukup religius, terutama di wilayah pedesaan. Oleh karena itu melakukan kegiatan dengan tema keagamaan bisa menjadi opsi. Kalian bisa mengadakan kegiatan seperti istighosah, tahlilan, pengajian, tasyakuran, dan khataman. Kalian juga bisa mengajarkan membaca Al Qur’an kepada anak-anak.

Baca Juga : Tips dan cara mengatasi Plagiat di Turnitin

Bidang Kesehatan

Kesehatan menjadi salah satu hal yang utama dan wajib untuk diperhatikan. Khususnya untuk masyarakat Desa yang biasanya merasa acuh tak acuh dengan kesehatannya. Kegiatan yang bisa dilakukan di bidang kesehatan seperti mengadakan senam sehat, posyandu balita dan lansia, penyuluhan dan sosialisasi kesehatan misalnya cara gosok gigi serta program KB.

Bidang Tanggap Bencana

Karena setiap desa memiliki kondisi geografis yang berbeda, beberapa daerah tentu memiliki risiko terjadi bencana alam yang bisa datang kapan saja. Kegiatan yang bisa dilakukan di bidang tanggap bencana seperti simulasi terjadi tsunami, tanah longsor, dan gunung meletus.

Bidang Kewirausahaan

Ekonomi memiliki peran yang cukup sentral dalam kesejahteraan masyarakat. Kegiatan yang bisa dilakukan dalam bidang kewirausahaan seperti pelatihan membuat produk unggulan desa, sosialisasi teknik pengolahan hasil pertanian dan perkebunan, dan pelatihan promosi digital.

baca : 4 Situs Cek Plagiat Keren Dalam Pembuatan Karya Ilmiah

Bidang Pendidikan

Pendidikan di Indonesia memang menjadi hal utama yang wajib diterima oleh setiap masyarakat khususnya anak-anak. Di daerah pelosok, ada banyak sekali kendala yang biasanya terjadi. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa kegiatan KKN sering dilakukan di daerah pedesaan atau pelosok.

Kegiatan di bidang Pendidikan yang bisa dilakukan seperti menjadi tenaga pengajar atau membantu mengajar di sekolah, membuka les dan belajar mengaji, mengadakan kegiatan pelatihan keterampilan seni dan budaya.

Bidang Lingkungan

Meskipun di desa terkenal dengan pemandangan dan lingkungan yang asri dan jauh dari polusi, namun masalah lingkungan masih menjadi masalah utama. Hal ini dikarenakan masih adanya sebagian masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan.

Kegiatan KKN dalam bidang lingkungan tentu akan memiliki nilai manfaat untuk penduduk dan alam sekitar. Kegiatan yang bisa dilakukan di bidang lingkungan seperti penanaman tanaman palawija dan toga di rumah penduduk, pembuatan papan nama atau petunjuk jalan, penanaman pohon di lingkungan yang mulai gundul, mengadakan acara kerja bakti, dan pelatihan untuk memilah sampah dan daur ulang barang bekas.

KKN bertujuan membuat kita turun langsung ke tengah tengah masyarakat untuk melihat bagaimana kegiatan sosial yang sebenarnya terjadi dimasyarakat, agar dapat mematangkan ilmu dan sosial yang didapatkan dari kampus.

Kegiatan KKN ini juga tentu membantu membantu pola pikir kita agar lebih perduli terhadap lingkungan sekitar.

Itu dia beberapa contoh kegiatan KKN di Desa yang bisa kalian lakukan. Kalian bisa mengemas kegiatan diatas dengan keterampilan dan ide kreatif sehingga menciptakan kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Keseluruhan kegiatan diatas akan memberikan manfaat dan nilai positif yang berguna bagi masyarakat, lingkungan, dan diri kalian sendiri.

Tinggalkan komentar