[Tutorial] Cara Upload Website Ke Hosting CPanel & FTP

Cara upload website ke hosting | Oke, sebelumnya saya ada klien yang ingin membuat website dengan fitur Kode QR, ya website sederhana, dan dia pengen saya upload ke hosting agar dapat diliat demonya, nah sekalian deh saya buat tutorial ini.

Baca juga: Script dan Cara Membuat Breadcrumb WordPress Tanpa Plugin

Cara ini mudah di implementasikan menurut saya, kita tinggal membuka hosting dan upload, lakukan beberapa konfigurasi tambahan, karena server localhost pastinya berbeda dengan server hosting. semisal konfigurasi database.

Baca juga: Panduan Lengkap Instal WordPress di XAMPP Localhost

Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya juga sedang melakukan upload website dan sudah berjalan dengan baik, oh iya, disini saya menggunakan framework codeigniter. (trenpedia.com/demo/veridoc)

Tutorial Cara upload website ke hosting

Oke kembali ke topik, adapun beberapa hal yang kamu butuhkan untuk upload website ke hosting adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki akses ke cpanel akun hosting
  2. File website (format .zip atau .tar.gz)
  3. akun ftp (jika kamu menggunakan ftp client hanya opsional)

Upload website di cpanel

Oke tutorial pertama adalah menggunakan cpanel hosting. ini langkah yang paling mudah dilakukan, karena tinggal upload file websitemu ke file manager dan website siap diakses.

Pertama, buka hosting dengan akun cpanel yang kamu punya, dengan mengakses semisal www.trenpedia.com/cpanel atau www.trenpedia.com:2083/, ganti domain saya dengan domain kamu.

Atau kalau kamu tidak tau username dan password hostingmu silahkan login dimana kamu menyewa hosting dan klik login cpanel, biasanya penyedia hosting menyediakan redirect login dari dashboard client mereka.

Klik menu file manager, seperti gambar dibawah

cara upload website ke hosting

Lalu scroll kebawah atau keatas dan cari direktory public_html

upload website di cpanel

cara selanjutnya, klik menu upload yang ada di tab menu atas,

upload website di cpanel

Select file atau drop file webite kamu, dan tunggu beberapa saat ketika sedang upload website di cpanel setelah selesai, klik kembali dengan menekan url dibawahnya.

upload website di cpanel

Silahkan kamu ekstrak file website kamu, dan usahakan jangan menempatkan nya pada folder tetapi langsung saja di public_html

Setelah file diekstrak, kamu dapat mengklik refresh agar tampil semua file website kamu.

Langkah tersebut merupakan langkah terakhir, dan kamu sudah dapat mengakses website kamu dengan menggunakan domain kamu. tutorial ini bisa kamu gunakan juga untuk instalasi wordpress tanpa menggunakan softaculous app installer.

Nah bagaimana dengan website buatan sendiri yang menggunakan database ? kita tidak membahas disini, silahkan kunjungi cara membuat database di cpanel.

Cara upload website menggunakan FTP

Setelah cara upload website ke hosting menggunakan cpanel selesai, langkah kedua yang bisa kamu lakukan untuk upload website ke hosting adalah dengan menggunakan FTP, disini kamu bebas menggunakan aplikasi ftp, sebagai bahan pembelajaran, disini kita menggunakan aplikasi ftp dari filezilla.

Tapi sedikit bercerita, menggunakan FTP agak sedikit ribet, tidak seperti menggunakan cpanel yang sudah disediakan dashboard dan tinggal drag and drop. tapi kelebihan ini didadat bagi kamu yang saat menyewa hosting tidak diberikan akses untuk cpanel. nah ini bisa kamu jadikan solusinya.

Download dulu aplikasi ftp filezilla disini.

Instal dan buka aplikasi ftp filezila masukkan host, username dan password.

untuk host menggunakan domain, username, menggunakan username dan password ftp atau untuk login cpanel tadi.

cara upload website ke hosting

buka direktori public_html dan move atau drag file websitemu. disini kamu tidak mengharuskan upload menggunakan zip, kamu bisa langsung upload file websitemu tanpa melakukan compress.

cara upload website ke hosting

Setelah upload selesai, kamu dapat mengakses dengan mengunjungi domain website mu. dan walla, langsung tersedia.

cara upload website ke hosting

Kesimpulan

kamu sudah mengetahui bagaimana cara upload website ke hosting baik menggunakan cpanel file manager maupun FTP, cpanel sangat berguna karena kita dapat melakukan update fitur, seperti versi php. sedangkan menggunakan FTP tidak bisa setau saya. kelebihan yang ditawarkan FTP adalah proses transfer file banyak tanpa harus melakukan kompress terlebih dahulu tapi ini memerlukan banyak waktu pastinya.

Oke itu dulu cara upload website ke hosting, baik menggunakan cpanel ataupun FTP, semua tujuannya sama, hanya caranya yang berbeda, seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma.

Jika ada pertanyaan seputar cara upload website ke hosting silahkan berkomentar. Sampai jumpa, jangan lupa baca artikel saya yang lain ya, dah…

Leave a Comment