Cara Screenshot Melalui Tombol Print Screen

cara screenshot melalui tombol print screen

Windows mendukung para penggunanya untuk mengambil momen berharga yang tampil pada layar laptop atau komputer, ada banyak cara agar kita dapat mengambil momen tersebut, salah satu nya menggunakan teknik screenshot.

Screenshot adalah fitur yang terdapat pada windows yang berguna untuk mengambil suatu hal yang tampil pada layar windows.

Teknik melakukan screenshot juga sangatlah banyak, ada yang menggunakan aplikasi bawaan windows, menggunakan tombol kombinasi pada keyboad, atau bahkan hanya menggunakan 1 tombol saja.

Bagaimana, tetarik bukan untuk mencoba? jadi silahkan dibaca tutorial cara screnshot melalui tombol print screen sampai habis.

Cara Screenshot Menggunakan Tombol Print Screen Pada Windows 7, 8 dan 10

cara screenshot windows 10 menggunakan tombol print screen

Pengguna windows 10, silahkan baca cara screenshot windows 10, jika anda ingin mendapatkan tutorial lengkap mengenai cara screenshot di windows 10.

Oke, cara ini sangatlah mudah, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, cara ini hanya menggunakan 1 tombol saja yang terdapat pada keyboard.

Langkah – langkahnya :

  1. Nyalakan laptop atau komputer anda yang menggunakan sistem operasi windows.
  2. Silahkan buka file, atau foto, atau segala sesuatu yang ingin anda capture.
  3. Selanjutnya, alihkan pandangan anda pada keyboard, dan cari tombol bertuliskan PrtSc. biasanya terletak di sudut kanan atas dekat tombol delete.
  4. Tekan 1 kali tombol PrtSc, maka otomatis File yang terdapat pada layar kita ditangkap dan disimpan sementara di clipboard.
  5. Selanjutnya, buka aplikasi paint, atau editor foto kesukaan anda.
  6. Setelah terbuka, Tekan Ctrl + V untuk melakukan paste.
  7. Silahkan edit untuk menyisakan bagian yang penting saja.
  8. Save.

Bagaimana, mudah bukan ?

Tapi kenapa langkahnya sangat panjang ? itu karena saya ingin menjelaskan secara detail bagaimana melakukan screenshot menggunakan tombol print screen dan menyimpannya menjadi gambar.

Akhir Kata

Akhirnya anda sudah mengetahui cara menangkap isi layar (Screenshot) tanpa repot menggunakan aplikasi tambahan yang sebenarnya juga tidak terlalu anda butuhkan.

Seperti yang kita tau, ada banyak cara melakukan screenshot di windows.

Jika anda mengalami kendala atau tutorial tidak work, silahkan berikan komentar dibawah, saya akan bantu secepat mungkin.

akhir kata, semoga bermanfaat.

Leave a Comment