√4+ Cara Menyembunyikan Taskbar Windows Kurang Dari 1 Menit

Windows mendukung agar anda dapat agar tampilan layar lebih lapang dan luas. sehingga memudahkan anda dalam mengerjakan suatu pekerjaan di komputer atau laptop anda. cara ini bisa anda gunakan di windows 7, 8, 10. tapi bila taskbar anda tidak sembunyi, coba cara menyembunyikan taskbar windows yang sudah pernah saya terapkan.

Taskbar sebenarnya alat bantu agar anda dapat melihat program yang sedang anda aktif anda gunakan, jika menggunakan taskbar (bilah tugas) maka ada akan kesulitan hanya untuk melihatnya. sebenarnya ada cara lain agar dapat melihat aplikasi yang sedang anda gunakan, yaitu menggunakan task manager, tapi tentu ini sangat tidak efisien.

Cara Menyembunyikan Taskbar Windows 7, Windows 8.1, Windows 10

Di PC baik itu laptop maupun komputer, ada beberapa fitur – fitur rahasia yang jarang diketahui. seperti shortcut key untuk mengakses taskbar anda bisa menekan Windows + T,

Cara Menonaktifkan Instagram Sementara Agar Tidak dapat di searching

Ada banyak aplikasi atau launcher untuk pc yang tersedia di internet yang memiliki fitur agar tampilan windows lebih menarik, dan tentu tidak ketinggalan fitur taskbarnya.

Cara ini dapat anda lakukan dengan aman dan mudah tanpa takut harus merusak sistem operasi windows anda.

1. Cara Menyembunyikan Taskbar Windows 10 Secara Otomatis

Ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna windows 10, Cara menutup taskbar di windows 10 secara otomatis adalah sebagai berikut.

Langkah 1 : Klik kanan pada taskbar, dan klik lah pada tempat yang kosong, jangan klik kanan pada icon aplikasi yang muncul pada bilah tugas windows.

cara menyembunyikan taskbar windows

selain dengan dengan klik kanan pada taskbar, anda juga bisa mengakses menu setting taskbar dengan menggunakan fitur pencarian ketik “taskbar setting”.

Langkah 2 : Setelah anda mengklik taskbar setting, anda akan melihat halaman pengaturan taskbar. Disini terdapat beberapa pengaturan taskbar silahkan on kan automatically hide the taskbar in dekstop mode jika anda menggunakan mode dekstop.

cara menyembunyikan taskbar windows

Atau aktifkan automatically hide the taskbar in tablet mode jika anda mengunakan mode tablet. untuk memindahkan fokus layar ke mode tablet, anda bisa mengaktifkan mode tablet di pojok kanan bawah.

Langkah 3 : Ubah posisi taskbar dengan cara menyeretnya dari posisi awal ke posisi yang sudut posisi yang anda inginkan. atau juga bisa menggunakan taskbar setting lalu pilih posisi taskbar location on screen.

cara menyembunyikan taskbar windows

Untuk melihat cara kerja hide taskbar secara otomatis ini, anda bisa mengarahkan kursor ke arah taskbar anda berada, maka otomatis taskbar akan muncul dan ketika anda menjauhkan cursor dari posisi taskbar berada, maka taskbar akan menghilang. itu dia menghilangkan taskbar windows 10.

2. Cara Menyembunyikan Taskbar di Windows 8 dan 8.1

Cara menyembunyikan di windows 8 sebenarnya sangat mudah, adapun caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1 : Klik kanan pada taskbar, klik pada tempat yang kosong, jika menu taskbar tidak terlihat, tekan tombol Windows + D terlebih dahulu.

cara menyembunyikan taskbar windows 8

Langkah 2 : Pilih “Properties” akan muncul halaman taskbar setting, dan silahkan centang auto-hide the taskbar

cara menyembunyikan taskbar windows 8

Langkah 3 : Jika dirasa posisi taskbar menggangu, anda dapat memindahkan taskbar dengan cara menyeretnya dari posisi awal ke sudut posisi yang diinginkan. atau bisa juga dengan cara memilih menu taskbar location on screen.

cara menyembunyikan taskbar windows 8

3. Cara Menyembunyikan Taskbar Windows Vista dan Windows 7

Untuk cara menyembunyikan taskbar di windows Vista dan Windows 7 Hampir sama dengan windows 8. tutorialnya sebagai berikut:

  • Langkah 1 : Klik kanan pada taskbar, klik pada tempat yang kosong.
  • Langkah 2 : Pilih “Properties” akan muncul halaman taskbar setting, dan silahkan centang auto-hide the taskbar
  • Jika Posisi taskbar menggangu, kamu dapat memindahkan dengan cara menyeret dari posisi awal ke sudut posisi yang diinginkan.
cara menyembunyikan taskbar windows 7

4. Memperbaiki masalah tidak bisa menyembunyikan taskbar windows

Kesalahan saat menyembunyikan taskbar di windows hampir tidak ada, Tetapi ada beberapa bug atau error yang membuat taskbar tidak bisa disembunyikan. Untuk memperbaiki masalah tidak bisa hide taskbar di windows ada beberapa cara tergantung masalah yang dihadapi.

Cara Setting Jam di Windows 10 Secara otomatis

secara singkat, Ini beberapa cara mengatasi taskbar tidak bisa menghilang diantaranya:

  • Periksa, apakah ada aplikasi yang membuat taskbar tetap tampil.
  • Periksa ikon yang sedang berjalan di taskbar.
  • Restart Windows Explorer pada Task Manager.

4.1. Periksa, Apakah Ada Aplikasi Taskbar yang Tetap tampil

eror cara menyembunyikan taskbar windows

Sebelumnya, jika anda menggunakan aplikasi yang sering mengalami error, terkadang taskbar tidak bisa menghilang. untuk mengatasi masalah ini, anda bisa memaksa close aplikasi dengan menggunakan cara:

  1. Klik kanan pada aplikasi yang anda buka,
  2. pilih close window, done.
  3. jika masih tidak bisa di close, silahkan menuju ke task manager klik kanan pada taskbar
  4. lalu pilih task manager dan pilih End Task

4.2 Periksa Ikon yang berjalan dibawah taskbar

eror cara menyembunyikan taskbar windows

Silahkan periksa ikon yang sedang berjalan pada taskbar icon. klik show hide icons dan lihat apakah aada aplikasi yang tidak anda inginkan berjalan di windows anda. cara mematikannya sangatlah mudah, klik kanan pada icon aplikasi yang ingin anda matikan dan klik quit. maka aplikasi tersebut akan berhenti berjalan.

4.3 Restart Windows Explorer pada Task Manager

eror cara menyembunyikan taskbar windows

Cara ini terbukti cukup ampuh, ketika terjadi masalah pada windows explorer anda, maka dengan melakukan restart dapat memulai ulang fitur windows. Windows explorer adalah antar muka grafis yang dapat anda lihat salah satunya adalah taskbar.

Untuk cara melakukan restart Windows Explorer cukup mudah, anda cukup masuk ke task manager melalui :

  1. klik kanan taskbar atau melalui fitur pencarian jika menggunakan windows 10, atau menggunakan shortcut key CTRL + SHIFT + ESC
  2. Klik kanan pada windows explorer dan pilih restart.

Pada saat melakukan restarting, tampilan windows akan menjadi hitam, kamu tidak perlu khawatir.

5. Penutup

Saya sendiri sebenarnya terganggu saat sedang menulis artikel dengan taskbar yang terlalu besar. karena saya menggunakan windows 10, saya lebih memilih menggunakan taskbar small button. karena ketika saya berpindah pindah aplikasi, maka terjadi lag dan agak sedikit seret saat menampilkan.

Tapi tiap orang punya cara dan gaya masing masing, begitu juga gaya taskbar. tetapi dengan membaca artikel ini setidaknya anda sudah mengerti cara menyembunyikan taskbar windows. jika ada kesulitan, anda dapat berkomentar, salam.

Leave a Comment