Cara Mengatasi Plagiat Dalam Penulisan Artikel

cara mengatasi plagiat

Jika kita mendengar kata plagiat pastinya terasa menakutkan sekali bagi seorang penulis. Sudah seharusnya anda yang sekarang ini berprofesi sebagai penulis mengerti jika plagiat itu merupakan hal fatal bahkan perlu dihindarkan. Biasanya mereka yang malas untuk berpikir lama lebih suka melakukan plagiat. Padahal kegiatan tersebut nantinya bisa berimbas pada kemajuan kontennya. Kini sudah tersedia berbagai macam cara mengatasi plagiat yang perlu anda perhatikan. Semoga saja beberapa cara tersebut memang membantu siapapun yang saat ini bergelut dalam dunia penulisan.

Anda yang menggeluti dunia penulisan artikel seharusnya paham betul mengenai plagiarisme. Sebab hal tersebut sangatlah penting demi kemajuan web anda. Jika memang terdeteksi plagiat pastinya bakalan ada sanksi tersendiri yang bakalan diperoleh. Inilah mengapa plagiat itu perlu dihindari oleh para penulis. Menghindari plagiarisme memang terbilang sulit bagi mereka yang masih pemula. Tetapi semakin terasah kemampuannya mereka pun bisa memunculkan artikel berkualitas.

Tips Terbaik Menghindari Plagiat Konten

Sebetulnya mengatasi plagiat ini bisa dilakukan dengan bantuan tools. Dimana tools tersebut nantinya membantu anda mengetahui manakah yang terdeteksi plagiat. Tetapi sebelum akhirnya anda mempergunakan tools tersebut. Sebaiknya anda melakukan berbagai cara mengatasi plagiat berikut ini:

1. Memahami topik yang diangkat

Ketika kita berkeinginan menulis sebuah artikel tentunya kita mempunyai tema tersendiri apakah yang nantinya bakalan dibahas. Dari sini sebaiknya anda memahami topiknya terlebih dahulu. Jika sudah demikian maka penulisan pun bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Lakukan perincian sedetail mungkin mengenai apa yang akan dibahas. Hal ini bakalan mempermudah anda mengembangkan kata yang nantinya bisa menghasilkan sebuah artikel berkualitas. Pemahaman akan topik yang bakalan dibahas terbilang sangat penting supaya apa yang kita bahas bisa sesuai. Jangan sampai artikel kita nanti keluar dari topik yang sudah ditentukan.

Ciri-ciri plagiat: Skripsi dan karya Ilmiah

2. Mempergunakan teknik parafrase

Dimana cara yang satu ini terbukti ampuh untuk mengatasi plagiat saat penulisan artikel. Mungkin belum banyak yang mencoba cara tersebut. Padahal sebetulnya parafrase ini terbilang lebih bagus jika kita bandingkan dengan mengutip tulisan yang kurang menonjol. Parafrase ini merupakan salah satu kemampuan seseorang untuk menulis kembali gagasan orang lain menggunakan kata-katanya sendiri. Tentu saja keahlian tersebut sangatlah berharga baginya. Dengan menggunakan teknik parafrase ini pastinya artikel anda bisa terbebas dari yang namanya plagiat.

3. Memasukkan dari mana sumbernya

Tentunya banyak cara yang bisa kita tempuh jika memang berkeinginan menghindari plagiat. Dimana cara mengatasi plagiat ini juga perlu untuk dilakukan. Dari sini anda bisa memasukkan sumber dalam karya tulisnya. Bisa dengan mencatumkan daftar pustaka ataupun catatan kaki. Semoga anda bisa melakukan hal tersebut saat menulis sebuah artikel.

4. Melakukan pengeditan kembali

Meskipun kita sudah mempergunakan notepad bahkan memasukkan dari mana sumber asli tulisannya. Tetapi sebaiknya kita melakukan pengeditan lagi pada tulisan tersebut. Dengan begitu hasil tulisan pun memang murni karya kita sendiri dan belum dipublikasikan oleh orang lain. Pengeditan kembali menjadi hal penting yang perlu diperhatikan oleh setiap penulis. Perhatikan setiap kata yang anda susun hingga akhirnya menjadi artikel berkualitas. Jangan sampai ada beberapa kalimat yang terdeteksi oleh Google. Sebagai penulis meskipun itu pemula seharusnya belajar bagaimana caranya menulis artikel yang berkualitas. Jangan sampai satu pun kata terdeteksi oleh Google. Setidaknya anda bisa mengambil sumber dari tulisan orang lain kemudian melakukan pengeditan mempergunakan pemikiran kita sendiri.

√ 4 Situs Cek Plagiat Keren Dalam Pembuatan Karya Ilmiah

5.Melakukan pemeriksaan sendiri menggunakan perangkat lunak

Anda sebagai seorang penulis sudah seharusnya memastikan artikel anda lolos plagiarisme hingga seratus persen. Dimana cara ini bisa dilakukan menggunakan bantuan perangkat lunak. Tentu saja ada peretas plagiarisme yang saat ini bisa anda unduh secara gratis maupun berbayar. Adapun beberapa software yang kini mampu anda pergunakan yakni plagiarismchecker, Copyspace, VIPER, Articlehecker dan masih banyak lagi lainnya. Tentu saja beberapa program tersebut sangatlah membantu anda yang kini berkeinginan menghindari plagiarisme. Jangan sampai artikel anda terdeteksi plagiat hingga akhirnya web pun kurang berkembang. Sebagai penulis baik itu pemula ataupun yang sudah mahir harus selalu melakukan pengecekan pada artikelnya.

Itulah tadi berbagai macam cara mengatasi plagiat dalam penulisan artikel yang bisa anda lakukan. Setidaknya dengan inspirasi di atas, anda pun bisa menghasilkan artikel berkualitas. Jadi karya anda bakalan melejit dan membuat web semakin maju. Semakin sering anda mengasah kemampuan dalam dunia penulisan maka semakin banyak pula ide yang bisa dituangkan. Jangan pernah merasa lelah ataupun bosan untuk menghasilkan karya berkualitas. Pastikan karya anda ini tidak menjiplak milik orang lain.

Tips dan cara mengatasi Plagiat di Turnitin


Bagi anda yang bergerak sebagai penulis artikel harus paham bagaimana cara paling tepat untuk mengatasi plagiat. Semoga saja dengan penjelasan yang sudah tersedia di atas memperluas wawasan anda mengenai plagiat. Dimana plagiat konten harus anda hindari supaya web semakin berkembang. Mungkin bagi pemula terbilang begitu sulit tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan seringnya memunculkan karya maka terbebas dari plagiat pun terasa mudah sekali.

Tinggalkan komentar