Cara mengatasi kecanduan anak bermain Games, penting bagi orang tua mengetahui

Di jaman sekarang ini yaitu jaman milenial, Hampir 95% anak di bawah umur mengalami kecanduan bermain games yang di sebabkan oleh beberapa faktor. yang salah satunya adalah kesibukan orang tua dalam bekerja sehingga lupa memperhatikan sibuah hati.

Bagi orang tua yang sibuk, atau tidak mau di ganggu. sering kali kebanyakan orang tua memberikan handphone ke pada anak, agar anak tidak mengganggu pekerjaan orang tua. tentu hal tersebut sebenarnya tidak baik bagi anak.

Tentu hal tersebut membuat dunia sendiri bagi anak tersebut, karena menurutnya sudah nyaman dengan apa yang di lakukan orang tua. hal yang di lakukakan orang tua seperti itu akan dapat menimbulkan efek kepanjangan kedepannya apa bila terus dilakukan.

Berikut ini adalah cara mengatasi kecanduan anak bermain games.

1. Bermain dengan anak

Kebanyakan orang tua mewujudkan perhatian kepada anak dengan memberikan apapun yang anak inginkan tanpa melihat dampak dikemudian hari, apalagi para orang tua yang bekerja mencari nafkah tentunya. Sungguh sangat di sayangkan ketika anak usia dini yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang orang tua agar merasa nyaman malah mendapatkan rasa nyaman dari bermain game yang difasilitasi orang tua mereka sampai anak Menjadi kecanduan.

Nah sekarang ubah cara perhatian kepada anak dengan Memberikan waktu bermain bersama anak sepulang kerja atau pada saat weekend. Ajari anak untuk menaati peraturan sesuai dengan usia anak dengan bermain bersama teman sebaya tanpa menyentuh gadget.

2. Mendengarkan cerita anak

Hai para orangtua, sudahkah anda mendengarkan cerita kegiatan anak anda hari ini? Jika belum tanyakan pada anak anda, apakah hari ini menyenangkan atau tidak. Berikan kata kata membangun pada anak agar anak termotivasi untuk berusaha menjadi yang terbaik tanpa candu bermain game.

3. Makan bersama keluarga

Sesibuk apapun para orang tua harus berikan waktu tertentu untuk berkumpul bersama anak dan keluarga, dengan makan bersama akan menghilangkan jiwa kesepian pada anak sehingga anak anda bahagia memiliki keluarga tanpa harus mencari kegiatan dengan menggunakan handphone berjam jam.

4. Liburan bersama keluarga

Ajak anak untuk bermain dengan keluarga di luar rumah, berikan waktu anda liburan bersama anak, perhatian dan kasih sayang para orang tua sangat menentukan masa depan anak anak anda.

5. Belikan buku cerita yang menginpirasi anak

Buku cerita atau buku dongeng sangat bagus bagi anak kecil tanpa harus memberikan handphone kepada anak. karena buku cerita biasanya terdapat di akhir cerita inspirasi, sehingga sangat bagus bagi anak. terutama untuk keperibadian nya.

Berikut adalah cara mengatasi agar anak tidak kecanduan dalam bermain handphone. komen di bawah untuk info lainnya. terima kasih.

Tinggalkan komentar