Cara Membuka Situs Yang Diblokir Di Google Chrome

Trenpedia.com | Pekanbaru – Ingin tahu cara mengakses situs yang diblokir di Chrome? disini saya akan memberikan informasi kepada anda caranya agar bisa menggunakannya. Saat Chrome memblokir situs web yang ingin anda kunjungi, mungkin karena situs tersebut dianggap tidak aman atau karena kantor atau sekolah anda memilih untuk memblokir situs tersebut dengan sengaja. Untungnya, tidak ada yang diatur dalam batu, dan ada solusi yang dapat anda gunakan untuk mencoba dan mengakses situs web saat dibutuhkan. disini kita akan membahas tentang Cara Membuka Situs Yang Diblokir Di Google Chrome.

Mengapa Google Chrome Memblokir Situs Web anda?

Google Chrome adalah peramban yang sangat populer dan tepercaya yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia, dan juga peramban yang paling banyak diunduh di dunia hingga saat ini. namun, semua tidak selalu mulus dengan Chrome, karena browser terkadang memblokir situs web yang ingin diakses pengguna.

Ada beberapa alasan mengapa Chrome memblokir situs web tertentu di platform mereka. Alasan pertama dan terpenting berkaitan dengan risiko keamanan yang ditimbulkan oleh beberapa situs web. Ini menyangkut sebagian kecil situs web yang membawa perangkat lunak atau skrip berbahaya dan menginfeksi perangkat apa pun yang masuk ke jalurnya. “Skrip” ini dapat memuat malware ke dalam sistem anda tanpa anda sadari atau dengan cara lain mengumpulkan informasi masuk atau informasi pribadi yang anda berikan ke situs web.

Untuk memperjelas, Google Chrome dan browser lain tidak pernah membatasi akses anda ke situs web apa pun kecuali pengguna lain telah melaporkan situs web tersebut karena pelanggaran keamanan atau protokol berbasis konten. Peramban mengikuti pedoman pemerintah berbasis negara mengenai konten mana yang diblokir dan mana yang diizinkan.

Alasan lain berkaitan dengan fakta bahwa sebagian besar sekolah dan tempat kerja menerapkan beberapa tingkat kontrol atas akses internet siswa dan karyawan mereka. Setiap jaringan dapat membuat “daftar hitam” situs web yang tidak dapat dilihat lagi oleh siswa atau karyawan karena alasan moral atau terkait keamanan.

Situs web yang biasanya masuk daftar hitam di sekolah dan tempat kerja adalah situs yang berisi konten seksual eksplisit, kekerasan berlebihan, atau tidak pantas. Secara alami, itu juga harus mencakup situs web yang berpotensi memiliki malware atau skrip berbahaya. Ini juga dapat mencakup situs web yang mengganggu dan tidak produktif (yaitu, situs web media sosial).

Bagaimana Cara membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome?

Semua orang pernah mengalaminya di beberapa titik ketika anda mencoba mengakses situs web tetapi gagal karena Chrome memblokir situs tersebut karena alasan keamanan atau karena organisasi anda memblokir situs tersebut. Jika anda masih ingin atau perlu melihat situs web yang diblokir karena alasan apa pun, ada beberapa metode mudah yang dapat anda coba untuk membuka blokir aksesnya.

1. Mengganti URL ke HTTPS

Google Chrome cenderung memberlakukan pembatasan pada situs web yang menggunakan sertifikat SSL yang belum diverifikasi dan menghosting domain mereka di VPS atau server khusus. Protokol transfer hypertext (HTTP) adalah protokol khusus dan mekanisme penjaga gerbang yang membaca sertifikat keamanan ini dan menentukan keamanan situs web.

Dengan mengingat hal itu, salah satu cara untuk mem-bypass protokol ini adalah dengan mengubah protokol enkripsi dari HTTP ke HTTPS. Setelah anda mengubah protokol, Google Chrome akan meminta anda untuk mengesampingkan pembatasan secara manual sebelum memberi anda akses ke situs yang diblokir. Perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Buka Google Chrome di komputer, tablet, atau ponsel anda.
  • Ketik URL situs web menggunakan standar http:// standar di awal.
  • Chrome akan mengarahkan anda ke halaman yang memberi tahu anda tentang status halaman web (yaitu diblokir) dan alasannya.
  • Pindahkan kursor anda kembali ke bagian alamat dan ganti http:// dengan https://. Pastikan tidak ada spasi di antara karakter untuk mencegah kesalahan.
  • Klik “Lanjutkan saja” setelah pesan keamanan muncul untuk mengakses situs web yang diblokir.

2. Gunakan Server Proxy

Server proxy adalah alat yang berguna yang bertindak sebagai pintu gerbang antara pengguna internet dan situs web yang mereka kunjungi. Proxy ini bekerja dengan cara yang mirip seperti VPN. Seperti VPN, mereka dapat menyembunyikan alamat IP asli anda dari situs web dan alamat IP situs web dari jaringan anda untuk memberi anda beberapa tingkat privasi dan anonimitas. Ini melewati ISP sehingga anda bisa mendapatkan akses ke situs web yang awalnya diblokir.

Dengan mengingat hal itu, anda dapat menggunakan server proxy untuk mengakses situs yang diblokir di Chrome atau browser lain. Server proxy dapat mengarahkan lalu lintas anda melalui server yang berbeda, untuk sementara memberi anda alamat IP lain. tetapi, tidak seperti VPN, server proxy tidak dapat mengenkripsi data yang anda kirim dan terima. Itu berarti masih akan tetap terbuka dan rentan saat melintasi jaringan.

Paling tidak, anda masih mendapatkan keuntungan karena alamat IP anda disembunyikan saat anda mengirim dan menerima data dari situs web yang diblokir. Metode ini juga sangat membantu untuk melewati pemindai situs web yang terkadang memblokir situs web penting bersama dengan situs web yang tidak diinginkan.

3. Gunakan Layanan Terjemahan

Jika anda ingin mengetahui cara mengakses situs yang diblokir di Chrome, salah satu cara termudah adalah menggunakan software penerjemah seperti Google Translate atau Microsoft Translate.

Cukup salin dan tempel URL situs web yang anda lihat ke alat penerjemah, pilih bahasa apa pun kecuali “Deteksi Bahasa”, lalu terjemahkan teks ke dalam bahasa yang anda inginkan. situs web yang diblokir akan tampak sedikit diubah tetapi tetap utuh melalui alat penerjemah.

Ini tidak akan berfungsi untuk semua situs web yang diblokir. tetapi, patut dicoba secara khusus untuk situs web yang hanya diblokir karena alasan produktivitas. tetapi, anda mungkin ingin menahan diri dari membuka situs web yang dianggap berpotensi berbahaya karena malware. Secara alami, situs web ini berisiko menginfeksi sistem anda dengan malware, yang dapat menyebabkan konsekuensi yang berbahaya.

4. Gunakan Virtual Private Network (VPN)

Google Chrome dan peramban web lainnya biasanya bertanggung jawab terhadap peraturan dan peraturan pemerintah, dan dengan demikian, mereka hanya memblokir situs web mengikuti pembatasan yang diberlakukan oleh lembaga-lembaga tersebut. Dengan mengingat hal itu, salah satu metode untuk mengakses situs yang diblokir di Chrome adalah menggunakan Virtual Private Network (VPN).

Virtual Private Network mengenkripsi lalu lintas internet anda dan menutupi alamat IP anda menggunakan alamat lain. Ini dilakukan agar program jahat atau orang yang menonton jaringan tidak dapat melacaknya. Saat anda memiliki VPN, menjadi jauh lebih sulit bagi penyedia layanan internet anda dan pihak ketiga mana pun yang mengawasi jaringan untuk memata-matai data yang anda kirim dan terima.

Dengan mengingat hal itu, anda dapat menggunakan VPN untuk menutupi alamat IP anda untuk mengakses situs web yang diblokir di negara anda atau oleh ISP anda. Cara kerjanya adalah server pada dasarnya mengubah lokasi anda agar tampak seperti anda mengakses konten dari negara lain. Dengan begitu, anda dapat mengakses situs web yang diblokir secara geografis (yaitu, Netflix).

Ada beberapa layanan VPN yang tersedia. Tetapi seperti kebanyakan hal, anda biasanya mendapatkan apa yang anda bayar, dan kami tidak akan merekomendasikan layanan gratis. Layanan ini cenderung hanya menawarkan minimal dan menawarkan pilihan terbatas ketika datang ke server. Dengan mengingat hal ini, kami sangat menyarankan untuk berinvestasi dalam layanan VPN terbaik dan andal seperti ExpressVPN. ExpressVPN akan memungkinkan anda mengakses situs web yang diblokir dan melindungi data anda saat melintasi jaringan.

Meskipun langkah-langkah spesifik bervariasi di berbagai layanan, sebagian besar VPN cenderung menawarkan layanan dan fungsi dasar yang sama. Dengan demikian, mungkin membantu untuk memperhatikan langkah-langkah berikut untuk tujuan informasi.

Cara menggunakan VPN untuk mengakses situs yang diblokir di Chrome:

  • Mendaftar untuk alat VPN yang sesuai seperti ExpressVPN dan lainnya.
  • Unduh dan jalankan aplikasi di perangkat anda.
  • Buka perangkat lunak dan pilih jalur atau lokasi yang berbeda dari anda saat ini (contoh, London, Inggris, amerika, belanda). Setelah itu, sambungkan komputer atau semarphone anda ke server VPN.
  • Layanan akan menutupi alamat IP anda saat ini dan yang sebenarnya dengan alamat IP dari lokasi yang anda pilih. Dengan alamat IP baru ini, anda seharusnya dapat mengakses situs web yang sebelumnya diblokir. Kecuali tentu saja, negara yang anda pilih juga memblokir situs web yang sama. Dalam hal ini, anda harus terus mencoba sampai menemukan negara tempat situs tersebut tidak diblokir.

Lihat Juga: 4 Cara Menghapus Chromium

Lihat Juga: Cara Memasang IDM di Google Chrome

5. Instal proxy atau ekstensi browser VPN

Membuka blokir beberapa situs web besar seperti Facebook, Amazon, atau Twitter mungkin memerlukan lebih banyak daya tembak dari pada proxy berbasis situs web. Sebagai alternatif dan metode lain tentang cara mengakses situs yang diblokir di Chrome, anda dapat mencoba menginstal bentuk ekstensi browser untuk browser Chrome anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mudah. Ekstensi browser akan memungkinkan anda untuk memilih di antara berbagai server yang berlokasi di seluruh dunia tergantung pada kebutuhan anda. Ekstensi yang andal akan menyelesaikan pekerjaan tanpa menghalangi penjelajahan anda.

Alternatif yang sama baiknya adalah memasang ekstensi peramban VPN langsung ke Google Chrome. Sebagian besar layanan VPN teratas menawarkan add-on yang akan bekerja langsung dengan browser web untuk membuka blokir situs web yang telah diblokir oleh ISP anda. Namun, pengaya ini mungkin memerlukan beberapa bentuk penginstalan dan mungkin dikenakan biaya tambahan selain langganan bulanan anda.

Pilihan mana pun akan meningkatkan peluang anda untuk dapat melihat situs yang diblokir dengan menutupi ISP anda. Meskipun penting untuk dicatat bahwa tidak ada opsi yang dijamin berfungsi seratus persen setiap saat.

6. Cari alamat IP situs web alih-alih URL

Google Chrome dan browser lain memiliki daftar hitam yang berisi URL situs web yang akan diblokir. Namun, daftar ini tidak mempertimbangkan alamat IP situs web. Misalnya, browser mungkin telah memasukkan www.facebook.com ke daftar hitam tetapi bukan alamat IP situs web tersebut.

Dengan mengingat hal itu, Anda dapat mencoba mengakses situs web yang diblokir menggunakan alamat IP mereka alih-alih URL-nya. URL biasanya disematkan dalam sertifikat SSL situs web, bersama dengan kode kunci untuk mengakses situs web. Itu juga dapat diakses melalui Terminal di macOS atau Command Prompt jika anda menggunakan Windows.

Perhatikan bahwa ini hanya akan berfungsi jika situs web yang anda coba kunjungi dapat menangani permintaan dari IP secara langsung. Ini tidak akan berfungsi jika situs juga menyembunyikan alamat IP-nya dan ketika sertifikat SSL situs web hanya terdaftar untuk nama domain. Bagaimanapun, anda dapat menemukan alamat IP situs web yang diblokir melalui alat cmd. Berikut caranya:

  • Untuk menjalankan CMD, klik Start, ketik “cmd” di kotak Run, lalu tekan enter. Atau, anda dapat menekan Win + R untuk membuka kotak Run dan ketik ” cmd ” untuk menjalankannya.
  • Setelah prompt perintah muncul, ketik alamat situs web ke dalamnya (contoh, facebook.com). Prompt perintah harus mengembalikan daftar kode yang secara otomatis menyertakan alamat IP untuk situs web.
  • Salin alamat IP situs web ke tab baru di browser anda dan pilih enter seperti biasa.
  • Ikuti Umpan RSS Situs Web

7. Ikuti Umpan RSS Situs Web

RSS, kependekan dari “Really Simple Syndication”, atau dalam bahasa indonesia artinya “penyebaran yang sangat sederhana”. merupakan metode tidak langsung yang digunakan situs web untuk mengirim konten mereka langsung ke pembaca mereka melalui email atau pembaca RSS. Alih-alih mengunjungi situs web secara manual untuk mendapatkan posting baru atau berlangganan untuk menerima pemberitahuan, anda dapat menerima konten langsung dari situs web melalui perangkat lunak khusus yang disebut pembaca RSS. Sebaliknya, pemilik situs web dapat menggunakan umpan RSS untuk memastikan bahwa pembaca mereka dapat menerima pembaruan rutin dari situs web mereka, dan inilah gunanya pembuat umpan RSS terbaik .

Namun, langkah pertama untuk mendapatkan akses ke umpan RSS dari situs web yang diblokir adalah dengan menambahkan umpan ke pembaca berita anda. anda dapat dengan mudah mengambil umpan RSS situs web melalui ikon RSS yang biasa ditemukan di halaman beranda. Namun, anda juga dapat mengambil umpan RSS secara manual jika situs web tidak memilikinya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs web di browser web apa pun.
  • Pindahkan kursor ke bagian akhir URL situs web sehingga kursor berada di belakang karakter terakhir.
  • Masukkan kata yang tepat “/feed/” dan tekan Enter atau Return. Tautan URL yang dimodifikasi ini akan membawa anda ke umpan RSS situs web. Umpan akan terlihat seperti halaman putih yang berisi daftar panjang kode web.

8. Manfaatkan IP Dinamis

Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan publik atau internet akan memiliki serangkaian angka acak yang ditetapkan untuknya. Kumpulan angka ini unik untuk perangkat itu dan akan membantu mengidentifikasinya, dan inilah yang dikenal sebagai alamat IP. biasanya ada dua jenis alamat IP (statis dan dinamis), dan jenis IP yang anda miliki akan berdampak pada kemampuan anda untuk mengakses situs web yang diblokir.

Petunjuknya ada di nama. Alamat IP statis tidak berubah, sedangkan alamat IP dinamis berubah seiring waktu. Alamat IP statis lebih sesuai untuk penggunaan perusahaan dan komersial, sedangkan alamat IP dinamis lebih sesuai untuk penggunaan pribadi.

Selain itu, ada lebih banyak alamat IP dinamis daripada alamat IP statis. Ini ada hubungannya dengan fakta bahwa teknologi yang mendukung yang terakhir datang jauh lebih lambat daripada yang pertama. Ini juga menjelaskan mengapa ISP biasanya menetapkan alamat IP dinamis ke sebagian besar perangkat di pasar.

Saat mengakses situs yang diblokir di Chrome atau browser web lainnya, alamat IP dinamis memungkinkan anda mengakses situs web yang diblokir setelah ISP mengubah alamat IP. Hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang alamat IP statis karena tidak berubah. Sederhananya, alamat IP statis membuat anda tidak punya pilihan selain menggunakan perangkat lain untuk mengakses situs web yang memblokir anda.

Setelah anda mengkonfirmasi jenis alamat IP yang anda miliki, anda dapat melanjutkan untuk mengubah alamat IP anda (jika dinamis). Memiliki alamat IP baru akan memungkinkan anda untuk mencoba kembali situs web yang sebelumnya diblokir. Namun, kami perlu mencatat bahwa metode ini hanya akan berfungsi dalam kasus luar biasa ketika perangkat terbuka untuk mengubah alamat IP secara manual.

Langkah Pertama: Periksa status alamat IP anda

  • Tekan tombol windows (dengan logo Windows di atasnya) + R bersamaan di keyboard anda.
  • Ketik kode tiga huruf “cmd” dalam huruf kecil dan pilih OK.
  • Ketik “ipconfig/all” di jendela perintah dan tekan tombol Enter .
  • Cari opsi “DHCP Diaktifkan” dan apakah itu menunjukkan ya atau tidak. Ya berarti alamat IP anda dinamis, dan tidak berarti statis.

Langkah kedua: Ubah alamat IP anda secara manual (hanya berlaku untuk alamat IP dinamis)

  • Klik Google Chrome di komputer anda atau perangkat lain.
  • Masukkan alamat IP default router anda ke bilah alamat dan buka secara normal. Jika anda tidak tahu alamat IP anda, anda dapat mencarinya melalui opsi cmd.
  • Halaman login akan muncul, dan anda harus memberikan Nama Pengguna dan Kata Sandi router anda.
  • Cari pengaturan Dasar, diikuti oleh pengaturan LAN dari halaman utama Pengaturan Router. Dari sana, anda dapat mengubah dua nomor terakhir dari alamat IP di bidang alamat IP LAN. Perhatikan bahwa anda hanya dapat mengubah bidang ketiga dan keempat alamat IP anda. Mengubah bidang pertama dan kedua dapat menyebabkan konflik jaringan saat menghubungkan dengan jaringan utama anda. Selain itu, perhatikan bahwa anda dapat menggunakan nomor apa pun antara 1 dan 254.
  • Klik Simpan Perubahan dan catat alamat IP router baru anda.
  • Mulai ulang Router.

Catatan tambahan: Setelah mengubah alamat IP router anda, anda mungkin menemukan bahwa perangkat anda tidak terhubung ke internet secara otomatis seperti sebelumnya. Memulai ulang perangkat anda akan memperbaiki masalah dan memungkinkan mereka untuk membuat kembali koneksi mereka.

9. Gunakan Pengumpan RSS ke Email

Beberapa layanan email menawarkan untuk mengirimi anda pembaruan situs web, dan situs web ini akan memberi anda pembaruan yang relevan dari situs web tersebut atas permintaan anda. Yang harus anda lakukan adalah mengirim permintaan pembaruan situs web ke perusahaan email yang anda gunakan. Permintaan harus menyertakan URL situs web tempat anda ingin menerima pembaruan dan alamat email yang anda inginkan untuk mengirim pembaruan.

anda juga dapat menggunakan aplikasi umpan RSS khusus sebagai alternatif. Aplikasi ini menawarkan untuk mengirimi anda umpan RSS dari situs web favorit anda melalui email. Yang harus anda lakukan adalah memasukkan URL situs web tempat anda ingin menerima pembaruan serta alamat email yang mereka perlukan untuk mengirim pembaruan. Beberapa contoh aplikasi RSS feed ke email yang lebih populer termasuk Fee2Mail dan Feed My Inbox.

Baca Juga: Cara Mengatasi Fake Serial Number IDM

Kesimpulan Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome

Internet seharusnya menjadi kumpulan informasi yang tak terbatas sampai anda menyadari bahwa sebagian besar darinya berpotensi berbahaya dan tidak produktif. Dengan mengingat hal itu, kita dapat memahami alasan di balik penyensoran browser dan pengendalian akses internet. Kami memahaminya secara khusus ketika browser web dan ISP melakukannya untuk melindungi pengguna dari ancaman keamanan serta konten yang berpotensi berbahaya, seksual, atau diskriminatif.

Tetapi sementara browser web dapat menyaring situs web yang buruk ini, mereka hanya dapat melakukan banyak hal. Setelah anda memasuki situs web yang sarat dengan malware, browser web anda berpotensi tidak berdaya untuk mencegah malware diunduh ke sistem anda. Meskipun demikian, anda dapat mengambil langkah tambahan untuk melindungi diri sendiri dengan menginstal program antivirus yang andal. Program antivirus akan memindai file dan program yang anda unduh dari internet dan memblokir unduhan yang tidak diinginkan yang mungkin mengandung malware. anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyiapkan VPN untuk memastikan lalu lintas internet anda di semua browser dan aplikasi tetap aman dan anonim.

Dengan mengingat hal itu, ada baiknya untuk menyadari berbagai solusi yang tersedia untuk pembatasan ini. Ada juga kasus tertentu ketika anda mungkin dibenarkan menggunakan solusi ini, tetapi tidak setiap saat. Kami sangat menyarankan anda menggunakan metode ini untuk mengakses situs web yang berisi informasi berharga atau akses ke komunikasi. Namun, kami tidak menyarankannya untuk mengakses situs web yang memiliki informasi palsu atau konten seksual, kekerasan, atau diskriminatif.


Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mengetahui tentang Cara Membuka Situs Yang Diblokir Di Google Chrome. Terima kasih kepada teman-teman yang telah mengunjungi blog ini, jangan lupa follow, komen dan share artikel ini. agar selalu mendapatkan informasi terbaru dari MediaCek.com dan sebarkan kebaikan dengan berbagi informasi ini. Terimakasih…

Tinggalkan komentar