Cara Membuat Breadcrumb di WordPress Tingkatkan SEO!

Membuat breadcrumb di wordpress sebenarnya sangat mudah, kamu cukup klak klik saya, sudah jadi, Nah disini kita akan membahas cara membuat breadcrumb di wordpress jadi jangan skip yaa.

Apa Itu Breadcrumb di WordPress

Apa Itu Breadcrumb ? Breadcrumb memiliki fungsi sebagai letak spesifik dimana si pembaca berada (alamat). Breadcrumb sebenarnya salah satu element penting dalam sebuah website, dan dapat meningkatkan kualitas seo (seo friendly).

Breadcrumb dibuat agar pembaca mudah mengetahui alamat dia membaca, terutama bot google dapat membaca struktur data pada website.

Contohnya seperti blog ini, blog ini menggunakan breadcrumb di paling atas sebuah artikel.

Panjangnya breadcrumbs (alamat) tergantung bagaimana kamu mengaturnya, semakin jauh letak artikel itu berada semakin panjang dan rumit pula breadcrumbnya. Menjadikan mesin pencari google tidak menampilkan hasil pencarian yang relevan.

Sebenarnya, rata – rata tema baik itu wordpress dan bootsrap sudah menggunakan breadcrumb. hanya saja tidak terlepas pasti ada tema/template yang tidak memiliki fitur ini sehingga kamu harus membuatnya sendiri.

Nah disini lah kita akan sama – sama belajar cara membuat breadcrumb di wordpress. Saya memanfaatkan fitur yang ada dari Rankmath, sehingga mumudahkan saya dalam membuat breadcrumb. lalu bagaimana membuat breadcrumb tanpa plugin ?

Baca juga : Cara membuat breadcrumb di wordpress tanpa plugin

Cara Membuat Breadcrumb di WordPress

Karena disini saya menggunakan plugin Rankmath, jadi saya akan menunjukkan poin – poin penting saja, kenapa tidak Yoast SEO ? karena plugin SEO yang saya install adalah RankMath.

Tutorial ini secara umum hampir sama menurut sama di semua plugin seo. Tapi untuk memudahkan sebaiknya cocokkan dengan plugin yang kamu gunakan ya.

Sebenarnya caranya sangat mudah, kamu cukup aktifkan fitur breadcrumbs yang ada pada plugin seo kamu, dan perhatikan tulisan seperti ini.

Cara Membuat Breadcrumb di WordPress
 <?php if (function_exists('rank_math_the_breadcrumbs')) rank_math_the_breadcrumbs(); ?> 

Itu merupakan syntax untuk membuat breadcrumbs dari rankmath sedangkan syntax untuk yoast seo hampir sama saja.

<?php if ( function_exists('yoast_breadcrumb') ) {yoast_breadcrumb('<p id="breadcrumbs">','</p>');} ?>

Untuk menambahkan syntax ini, kamu harus mengakses editor tema kamu dan melakukan copy paste saja.

  1. buka editor tema kamu dengan klik tab tampilan lalu pilih penyunting tema.
  2. lalu pilih single.php
  3. copy syntax pada tepat dibawah content dan main. Setelah itu perbaharui berkas dan refresh halaman.
Cara Membuat Breadcrumb di WordPress

Tampilan breadcrumb nya lebih kurang akan seperti gambar yang dibawah ini, tapi jika dirasa kurang pas, kamu dapat memindahkannya.

Cara Membuat Breadcrumb di WordPress

catatan: hati hati jika kamu sedang mengedit tema, jangan sampai salah hapus, karna salah setitik saja sangat fatal bagi kamu.

Kesimpulan

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Blog/Website yang memiliki Breadcrumb sangat seo friendly dan meningkatkan relevan pada pencarian google.

Baca juga: Cara Backup dan Restore WordPress Dengan UpdraftPlus

Seperti itulah dulu pembahasan dan tutorial cara membuat breadcrumb di wordpress.

Leave a Comment