Cara Memasang IDM di Firefox

cara memasang idm di firefox

IDM siapa yang tidak kenal aplikasi download manager yang satu ini. bahkan pengguna aplikasi ini bahkan sudah tidak bisa dhitung jari lagi, Tapi terdapat kendala yaitu terkadang IDM tidak terinstall otomatis di web browser seperti mozilla firefox. Nah disini saya akan membahas cara memasang IDM di firefox.

Internet download manager atau disingkat IDM sangat bermanfaat dalam urusan mendowload file. IDM sendiri sudah hadir sejak 9 tahun silam dan sudah memiliki jutaan pengguna tentunya.

Saya sendiri adalah pengguna IDM. dan tentu dengan aplikasi ini, urusan downloading saya serahkan sepenuhnya kepada dia.

Masalah yang sering kali terjadi karena tidak kompetiblenya versi firefox dengan IDM yang anda gunakan, tentu menjadikan integrasi idm dan firefox bermasalah mengakibatkan tidak bisa terpasang di firefox.

Cara Memasang IDM ke Firefox

Sebenarnnya ketika kita memasang IDM versi terbaru, otomatis IDM akan terpasang di web browser yang anda gunakan karena IDM mendukung fitur integrasi ke browser. IDM dapat beriintegrasi dengan web browser Google Chrome, Opera, Internet Explorer, Microsoft Edge begitu juga dengan mozilla firefox.

Tapi terkadang, integrasi IDM ke Firefox tidak bejalan secara otomatis. dikarenakan versi IDM tidak mendukung pesangan otomatis di Versi Chrome yang anda gunakan.

Solusi ini dapat diatasi dengan mudah, hanya dengan mengupdate kedua aplikasi tersebut.

Tapi bagimana jika kita tidak ingin di firefox ? oke ini dia tutorialnya.

1. Cara Memasang IDM ke Firefox Otomatis Menggunakan Install Add-Ons

Cara pertama ini otomatis, dan sangat mudah untuk dilakukan. anda hanya perlu memasang add-ons IDM

Add-Ons ini berfungsi untuk mendeteksi aplikasi IDM yang terinstall di komputer atau laptop kita. kelebihannya anda tidak harus memiliki IDM versi terbaru untuk dapat terpasang di firefox.

Adapun caranya sebagai berikut,

  1. Buka Mozilla Firefox Anda
  2. Klik bila balok 3 di kanan atas (menu) dan klik add ons. atau anda juga bisa menggunakan shortcut CRTL + SHIFT + A agar lebih cepat.
  3. Pada Kolom Pencarian, ketik IDM dan tekan Enter.
  4. Pilih IDM Integration Module dan klik + add to firefox
  5. Terakhir Klik Add dan selesai.

Untuk lebih jelas, silahkan liat gambar dibawah ini.

cara memasang idm ke firefox otomatis
cara memasang idm ke firefox otomatis

Jika sudah, silahkan lakukan restart firefox agar bejalan dengan maksimal. dengan cara menutup web browser tersebut dan buka kembali.

Masalah yang sama pada Chrome ? Baca: Cara memasang IDM di Google Chrome

Catatan : Jika anda melakukan update firefox, maka langkah diatas wajib anda lakukan dari awal. karena firefox membersihkan semua add-ons.

2. Cara Mengaktifkan IDM ke Firefox Secara Manual

Setelah cara yang gampang diatas masih gagal, ada alternatif cara kedua. yaitu memasang idm ke firefox dengan cara manual. tentu ini langkah ini agak sedikit rumit. tapi bukan berarti susah ya.

Metode ini cocok bagi anda yang menggunakan IDM yang tidak di update dan saya tau itu kenapa hehehe. so cara ini bisa anda lakukan.

  1. pertama, buka manager file C atau Drive C. cari dimana IDM anda terinstall C: Program >> Files >> Internet Download Manager.
  2. Cari file yang berformat xpi seperti contoh namanya adalah idmmzcc.xpi atau idmmzcc2.xpi atau bisa idmmzcc3.xpi idmmzcc2.xpi atau bisa idmmzcc3.xpi silahkan coba satu satu.
  3. Buka Browser Firefox anda, kemudian masuk ke pengaturan Add-Ons menggukan CTRL + SHIFT + A.
  4. Seret File idmmzcc.xpi ke firefox.
  5. Nanti akan muncul kotak notifikasi kecil, lalu klik install.
cara memasang idm di firefox manual

Jika sudah terinstall, lakukan restart mozilla firefox agar IDM dapat bejalan dengan maksimal di browser tersebut.

3. Cara memasang IDM di Firefox dengan Melakukan Update IDM dan Firefox

cara memasang idm di firefox update

Ini cara terakhir untuk memasang IDM di firefox anda. yaitu melakukan update rutin. dengan melakukan update rutin, maka versi IDM dan Versi Firefox akan cocok dan bisa berintegrasi.

2 cara diatas sebenarnya work. tapi bagi anda yang tidak ingin melakukan 2 cara diatas setiap kali terjadi masalah, update adalah solusinya.

Cara update sebenarnya sangat mudah, periksa aplikasi IDM dan Firefox yang anda gunakan, dan cek apakah ada versi terbaru dari developer. jika ada silahkan lakukan update.

Masih Error ? Coba Lakukan Uninstall IDM Terlebih Dahulu

Kesimpulan

Dengan tutorial diatas, anda sudah mengetahui cara memasang idm di firefox. anda dapat melakukan 3 cara diatas. dan dijamin IDM anda akan langsung terintegrasi dengan mozilla firefox.

Cara memasang IDM ke firefox diatas sudah sering saya terapkan pada laptop atau komputer yang menggunakan windows 7, 8, 10 bahkan windows XP selalu 100% berjalan sesuai harapan.

Jika masih terkendala dengan tips diatas. silahkan berkomentar, akhir kata semoga bermanfaat.

Leave a Comment