Cara Defrag di Windows 10

Defrag atau defragment adalah salah satu cara dasar yang digunakan untuk mempercepat akses file di laptop/komputer. Karena seiring berjalannya waktu, proses akses file berjalan semakin lambat.

Defrag memang perlu dilakukan, agar Windows 10 dapat bekerja secara maksimal. Untuk defrag di Windows 10 sebenarnya tidak sulit, karena kita tidak memerlukan software tambahan.

Sebelumnya, defrag adalah sebuah fitur Windows untuk mengatur kembali struktur file yang acak agar tersusun rapi kembali. Bagi anda yang masih bingung cara defrag di Windows 10 silahkan simak tutorial berikut ini.

Cara Defrag di Windows 10

Defgrament dapat dilakukan dalam berbagai macam cara, dan tentu langkah yang berbeda pula. untuk daftar defrag sebagai berikut.

Sebagai catatan, cara ini dilakukan untuk defrag Hard Disk saja, sedangkan untuk SSD (Solid State Drive) cara tentu berbeda.

anda dapat mengklik daftar isi diatas, nanti akan diarahkan langsung ke langkah-langkahya.

1. Menggunakan Defragment and Optimize Drives

Secara singkat, mendefrag menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. adapun langkah singkatnya sebagai berikut.

  1. Ketik defrag pada kolom pencarian di taksbar.
  2. Selanjutnya, klik analyze pada fragmented yang paling tinggi.
  3. Silahkan tunggu proses analyze-nya
  4. Setelah itu, klik optimize.

Jika masih bingung dengan langkah diatas, maka saya akan jelaskan secara detail beserta gambarnya.

Langkah 1 : Silahkan ketik defrag pada kolom pencarian di taskbar Windows buka aplikasi Defragment and Optimize Drives.

Cara Defrag di Windows 10 menggunakan aplikasi  Defragment and Optimize Drives

Langkah 2 : Selanjutnya silahkan pilih drive yang memiliki fragmented paling banyak. biasanya drive C atau drive yang menyimpan file paling banyak.

Cara Defrag di Windows 10 : tampilan aplikasi  Defragment and Optimize Drives

Langkah 3 : Silahkan tunggu beberapa saat, proses analyze tidak terlalu lama.

Cara Defrag di Windows 10 : tampilan analyze

Langkah 4 : Silahkan klik optimize untuk melakukan defrag di drive C. Proses ini membutuhkan sedikit waktu lebih lama.

anda boleh menonton film atau menjalankan program yang ringan, tapi sebagai catatan, proses ini tentu akan memperlambat kinerja optimasi.

Cara Defrag di Windows 10 : tampilan optimize

Setelah proses optimize selesai, anda dapat melakukan dfrag kembali di drive lainnya agar lebih optimal

Cara Mengganti Wallpaper Laptop Windows Menjadi Lebih Cantik.

2. Cara Defrag di Windows 10 Menggunakan Command Prompt

Cara Defrag di Windows 10 lewat cmd

Selain menggunakan aplikasi Defragment and Optimize Drives, anda juga dapat melakukan defragment menggunakan CMD. cara ini cukup sederhana karena kita hanya 1 perintah saja.

Langkah-langkahnya :

  1. Buka Command Prompt dengan cara mengetik CMD pada kolom pencarian taskbar. dan buka dalam mode administrator.
  2. Silahkan ketik perintah “defrag c:” lalu tekan enter.
  3. Silahkan tunggu proses defrag, hingga selesai.
  4. Jika ingin melakukan cancel, cukup tekan tombol CTRL + C.

Cara ini terbilang sangat mudah dilakukan, karena hanya menggunakan 1 perintah saja. Tapi karena tampilannya yang kurang menarik dan informasi yang terbatas, sehingga kita tidak tau sudah berapa persen proses defagmentasi.

Baca juga : Cara Membuat Shortcut Windows

Seputar Defrag

Seperti yang kita tau, defrag hanya dilakukan oleh pemilik laptop atau komputer yang memakai Drive berjenis Hard Disk(HDD) sedangkan untuk SSD, anda tidak perlu melakukan deframent.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, defrag dapat dilakukan sambil membuka aplikasi yang ringan seperti pemutar film. ini bertujuan agar anda tidak bosan saat menunggu proses ini tetapi tentu akan mengorbankan proses yang menjadi sedikit lebih lama.

Saat proses defrag berlangsung, komputer tidak akan mengalami error. karena ini sebenarnya hanya untuk memperbaiki struktur file saja. Jika terjadi error, berarti sejak awal, Hard Disk anda sudah mengalami masalah.

Meningkatkan kinerja laptop sebenarnya tergantung beberapa faktor mulai dari mengatur jumlah memori page, mengurangi efek visual tampilan, menghapus aplikasi yang tidak diperlukan dan melakukan defrag.

Melakukan defragment sebaiknya dilakukan sesering jika memungkinkan seminimal 3 kali seminggu, tetapi jika tidak bisa, cukup lakukan defrag sekali sebulan.

Untuk cara defrag di Windows 10, Anda bisa mengatur jadwal defrag secara otomatis jadi tidak perlu lagi melakukan defrag secara manual. silahkan baca Cara Mengatur Jadwal Defrag Drive Windows 10.

Bagi anda yang belum melakukan defrag di windows 10 sejak pertama kali membeli laptop/komputer, segera lakukan defrag, karena cara memang terbukti membuat kinerja perangkat menjadi lebih optimal.

Akhirnya anda paham cara melakukan defrag di hdd di windows 10. Semoga tutorial ini dapat membantu anda. Akhir kata, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar