Cara Cek Plagiat Skripsi: Website Pengecekan Karya Ilmiah Gratis Mirip Turnitin (+ Pengertian Plagiat 2020)

Ini merupakan cara yang saya lakukan dalam melakukan cek plagiat skripsi maupun karya ilmiah yang saya buat.

Faktanya, saya sendiri terindikasi plagiat oleh aplikasi turnitin pada saat saya masih kuliah dulu. (kampus saya menggunakan turnitin untuk melakukan pengecekan plagiat) Dan akhirnya saya iseng mencari tau cara agar mengurangi persentase plagiat turnitin di skripsi yang saya buat.

Saya menemukan cara yaitu dengan menambahkan tanda petik (“) pada kata-kata yang dikutip dari jurnal parah ahli. Tapi penggunaan petik di kampus saya hanya boleh kutipan dari para ahli. Atau bisa menggunakan cara sedikit nakal agar lolos turnitin

Dalam melakukan pengecekan, pasti kita disuruh untuk membuat karya ilmiah atau skripsi yang sudah jadi, nantinya akan dicek oleh operator. Dan hasil pengecekan yang saya dapatkan pun tidak langsung hari itu juga. Bisa saja besok atau lusa. Sedangkan kita ingin cepat memperbaiki kesalahan, apalagi yang sudah deadline.

Sebenarnya ada banyak website atau aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pengecekan plagiat.

Ya bisa dikatakan hampir mirip turnitin, dan tentunya gratis. jadi tidak perlu membayar untuk melakukan cek plagiat skripsi. namun ada sedikit kekurangan dari beberapa alat pengecekan plagiat ini. ya namanya juga gratis.

Tapi tidak masalah menurut saya, ini bisa kamu jadikan tolak ukur sudah seberapa persenkah karyamu tidak dikatakan plagarisme.

Nah penasaran dengan aplikasi gratisnya ?

Website Cek Plagiat Skripsi dan Karya Ilmiah Gratis

Untuk website cek plagiat skripsi dan karya ilmiah ini online dan gratis, jadi disarankan menggunakan komputer atau laptop. Agar memudahkan kamu dalam melakukan proses pengecekan.

1. Menggunakan Cek Plagiat Smallseotools

cara cek plagiat turnitin dan karya ilmiah gratis

Aplikasi ini merupakan aplikasi pertama dan sering saya gunakan dalam melakukan pengecekan karya ilmiah baik itu skripsi. Aplikasi ini memberikan kemudahan karena dapat diakses melalui web.

Website ini memberikan hasil plagiat dari berbagai sumber yang ada dalam internet. Jadi kamu dapat menjadikan tolak ukur seberapa original kah karya yang kamu buat.

Kelebihan yang didapat ialah saat kamu menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu copy paste, tapi kamu dapat mengupload file dalam bentuk PDF, Word, Txt, Tex, odt dan lain sebagainya.

Kelemahan aplikasi ini adalah adanya batasan dalam pengecekan plagarisme. yaitu sebanyak 1000 kata. jadi kamu harus melakukan pengecekan berulang ulang.

Disini saya juga menyertakan tutorial cara cek plagiat skripsi menggunakan smallseotools

  1. Kunjungi website smallseotoolscara cek plagiat turnitin dan karya ilmiah gratis
  2. Copy kalimat dari skripsimu dengan catatan hanya 1000 kata. jika lebih maka website ini akan memunculkan error dan kembali lagi ke awal.
  3. Tunggu hasilnya beberapa saat, karena website ini sedang melakukan pengecekan plagiat secara online.cara cek plagiat turnitin dan karya ilmiah gratis
  4. Setelah pengecekan selesai, website akan menampilkan persentase seberapa unik skripsi yang kamu buat dan seberapa persen kalimat yang plagiat.
  5. Kamu juga dapat cek plagiat skripsi mu dari mana saja berasal dengan mengklik compare.
  6. Tetapi kalimat yang ditandai dengan unik, maka kalimat itu dapat kamu gunakan dan original tanpa plagiat.

2. Cek Plagiat dengan duplichecker

Kamu dapat dengan mudah menggunakan aplikasi ini, selain tampilan yang menawan dan memanjakan mata, aplikasi ini juga menyediakan sistem download report hasil dari cek plagiat itu sendiri.

Kamu juga dapat melakukan compare jika di dalam kalimat skripsimu terdapat kalimat plagiat dan nanti akan ditampilkan situs dan jurnal mana saja yang sama dengan punyamu.

Fitur yang ditawarkan ini memang gratis, tapi untuk menikmati fitur yang lebih kompleks, kamu harus mendaftar dan subscribe.

Disini saya memilih menggunakan duplicheker yang gratisan saja.

Tutorial menggunakan duplicheker hampir sama dengan menggunakan smallseotools,

  1. kunjungi website duplichekercara-cek-plagiat-turnitin-dan-karya-ilmiah-gratis
  2. Copy kalimat dari skripsimu dengan catatan hanya 1000 kata. jika lebih maka website ini akan memunculkan error dan kembali lagi ke awal.
  3. Tunggu hasilnya beberapa saat, karena website ini sedang melakukan pengecekan plagiat secara online.
  4. Setelah pengecekan selesai, website akan menampilkan persentase seberapa unik skripsi yang kamu buat dan seberapa persen kalimat yang plagiat.cara cek plagiat turnitin dan karya ilmiah gratis5
  5. Kamu juga dapat cek plagiat skripsi online mu dari mana saja berasal dengan mengklik compare.
  6. Tetapi kalimat yang ditandai dengan unik, maka kalimat itu dapat kamu gunakan dan original tanpa plagiat.

Tampilan yang sangat memanjakan mata inilah membuat saya betah menggunakannya. tertarik ?

3. Mengatasi Plagiat Karya Ilmiah Menggunakan Plagscan

Cara mengatasi plagiat dalam penulisan karya ilmiah yang ketiga adalah dengan menggunakan plagscan, aplikasi ini memberikan pengecekan langsung satu file dokumen kamu.

Tapi ada syarat yang harus dilakukan agar cek plagiat skripsi online yang satu ini bekerja. yaitu mendaftar secara langsung.

Tapi tenang saja, ketika kamu mendaftar kamu akan diberikan kredit untuk melakukan pengecekan. kredit ini dapat kamu gunakan sebaik mungkin.

Tips yang saya lakukan adalah dengan membuat akun baru setiap kredit sudah habis.

Bagaimana Caranya ?

  1. Masuk ke website Plagscan
  2. Lakukan pendaftaran dan verifikasi akun kamu, setelah melakukan verifikasi, kamu akan mendapatkan kredit sebesar 20.
  3. Setelah kamu selesai mendaftar kamu akan melihat tampilan dashboardnya.cara cek plagiat turnitin dan karya ilmiah gratis6
  4. Upload File kamu
  5. Setelah selesai mengupload, klik cek konten
  6. Setelah selesai melakukan pengecekan, akan tampil persentase plagiat pada file yang kamu upload dan kamu dapat melihat kalimat mana saja yang terkena plagiat. selintas tampilannya mirip turnitin karena terdapat warna tulisan yang berbeda. cara-cek-plagiat-skripsi-dan-karya-ilmiah-gratis

Bagaimana sangat membantu bukan ?

4. Menggunakan Plagarism Checker

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan dapat melakukan pengecekan plagiat. situs mencari dan melakukan perbandingan dengan bantuan google dan yahoo. Memang kurang akurat untuk sekelas karya ilmiah, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Selain aplikasi gratis, ada juga aplikasi berbayar yang dapat kamu nikmati dengan hanya mengeluarkan sedikit uang.

Anti Plagiat dengan Unicheck

cara-cek-plagiat-turnitin-dan-karya-ilmiah-gratis

Aplikasi berbayar ini menjadi urutan pertama menurut saya, karena banyak digunakan oleh, dosen, mahasiswa, peniliti, dan juga editor.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini setelah melakukan subscribe dan tinggal melakukan upload saja file yang kaan kamu scan.

Kelebihan aplikasi ini dapat memindai berbagai format dalam satu kali pengerjaan. menariknya aplikasi ini dapat melakukan scan dengan secepat kilat, yaitu secepat 4 detik dan hasil nya akan kamu dapatkan.

Aplikasi ini dapat melakukan pengecekan plagiat sampai 16 miliar dokumen. Aplikasi ini dapat melakukan pengecekan hanya 4 kata yang sama akan terindikasi plagiat.

Nah itulah beberapa aplikasi atau website yang dapat mengatasi plagiat dalam penulisan karya ilmiah atau skripsi. Bagaimanapun, gunakan aplikasi cek plagiat skripsi ini dengan sebaik mungkin sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan secara pribadi dan meningkatkan literasi dunia pendidikan, sekian.

Leave a Comment