✔5 Cara Cek Backlink Gratis Berkualitas Milik Kompetitor & Website

Hallo sobat, kembali lagi di trenpedia.com, kali ini saya akan memberikan sedikit cara saya untuk cek backlink ini. Saya akan memberikan beberapa cara seperti cara cek backlink menggunakan ahrefs gratis.

Backlink memang sangat berguna bagi sebuah website jika ingin terus berada di page one google. memang terkadang sebagai blogger tidak perduli dengan backlink blog mereka, yang mengakibatkan blog mereka perlahan turun dari page one dan sulit untuk naik kembali. tutorial cara cek backlink ini yang pastinya gratis dan bagaimana cara kita membedakan backlink berkualitas kompetitor.

Cara Cek Backlink Website

Ada banyak alat cek backlink blog kompetitor sebenarnya, mulai dari moz, semrush dan lain sebagainya yang memiliki fitur premium.

1. Cek Backlink Website di Ahrefs

Pekenalan Fitur Ahrefs

Seperti yang kalian tahu, ahrefs memang yang paling populer, karena memiliki fitur lengkap dan terlebih ahrefs udah banyak digunakan oleh praktisi SEO.

Kelebihan yang ditawarkan pun sangat banyak atau lebih dikenal sebagai alat all in one seo tools. keakuratan Metrix yang ditawarkan ahrefs seperti DR (domain rating) UR (url rating) pun mengalahkan pesaing mereka miliki MOZ Metrix, DA (domain authority) dan PA (page authority).

Jika kamu belum tau, botcrawl ahrefs adalah robot perayap nomor dua setelah google botcrawl. yang merayap sekitar 5 miliar halaman dan 17 miliar root domain setiap harinya.

Ahrefs memiliki masa uji coba gratis yang bisa kalian nikmati selama 7 hari dengan harga $7 Dollar. atau bisa berlangganan paket litenya seharga $99 Dollar. Mesti terkesan mahal, tapi banyak loh praktisi seo yang berlanggan ahrefs ini.

baca juga: Apa Itu Plagiat: Penjelasan, Ciri dan Contoh

Meski rata-rata layanan mereka berbayar, Ahrefs juga menyediakan layanan untuk mengecek 100 backlink secara gratis. tidak perlu membuat akun ataupun berlanggan ahrefs.

Cara backlink blog menggunakan ahrefs

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi website berikut > https://ahrefs.com/backlink-checker

Semisal anda ingin membuat artikel tentang: “alat cek plagiat skripsi”

Lalu ketika kamu sedang riset, kamu menemukan kompetitor yang agak berat, Contoh https://portal-ilmu.com/cara-cek-plagiarisme/

masukkan url kompetitor kamu kedalam field yang ada, dan pilih Exact url

cara cek backlink gratis dari ahrefs

lalu akan tampil DR UR blog kompetitor mu.

cara cek backlink

Semisal ini contoh yang sudah saya cek, terdapat 6 backlink dari 4 root domain yang berbeda.

Seperti saya katakan sebelumnya, cara cek backlink menggunakan ahrefs secara gratis ini hanya menampilkan 100 backlink saja, tapi kamu dapat memilih (sortir) berdasarkan UR nya.

2. Cek dengan Alexa Tools Backlink

cek backlink website menggunakan alexa

Cek backlink menggunakan alexa merupakan pilihan. Selain gratis kamu juga dapat mengetahui alexa ranking kamu di tools ini. kamu juga bisa melihat website kamu sudah terindex atau belum dengan tools ini,

baca juga: Cara Mendapatkan SSL Gratis Langsung Dari CPanel

Caranya cukup dengan akses situs ini https://www.alexa.com/siteinfo/trenpedia.com (ganti trenpedia.com dengan site url kamu) lalu kamu tinggal scroll saja kebawah untuk melihat informasi yang ditampilkan.

Tapi terkadang informasi yang ditampilkan kurang akurat karena crawl dari tool ini berbeda dari crawl lainnya seperti ahrefs.

3. Cek dengan Semrush Toolkit

cara cek baklink blog

Semrush toolkit satu diantara alat alat seo yang akurat. Semrush toolkit menawarkan alat untuk seo website kamu, tapi seperti yang kamu tau, semrush tidaklah gratis melainkan berbayar, sehingga alat cek backlink website ini harus berlangganan.

Tapi kamu dapat mengujungi grub seo facebook, disana banyak menjual akun semrush harga miring.

4. Cek backlink website menggukan MOZ

cara cek backlink di moz

moz, seperti yang kita tau, dialah yang mempopulerkan DA dan PA, sehingga banyak para blogger melihat DA PA sebuah blog, lalu mereka mau melakukan guest post.

Cek backlink blog menggukan MOZ ini lumayan akurat, tapi ada batasan untuk melakukan pengecekan, kamu hanya dapat melakukan pengecekan sebanyak 5 kali dalam sehari secara gratis. jadi gunakan fitur ini sebaik mungkin.

5. Cek Backlink di Ubersuggest

cek backlink di ubersuggest

Berbeda dengan beberapa cara cek backlink diatas, di ubersuggest kamu akan melihat backlink jumlah backlink, refering domain, domain score, backlink overtime 3 bulan terakhir dan pastinya backlink yang ada diwebsite kamu maupun kompetitormu.

itu dia beberapa cara cek becklink website, semoga artikel ini dapat berguna, jika ada sesuatu dihati yang ingin dikatakan, jangan sungkan untuk menggunakan kolom komentar, terimkasih.

Leave a Comment