7 Universitas Terbaik di Kota Pekanbaru 2021/2022

Universitas atau biasa di sebut kampus merupakan tempat untuk menuntut ilmu di jenjang lebih tinggi. setelah mahasiswa menyelesaikan kuliah, maka mahasiswa tersebut akan mendapatkan gelar sesuai dengan jurusan yang di ambil. lalu apa universitas terbaik di kota pekanbaru 2021/2022.

Dalam memilih kampus tentu akan banyak acuan atau pertimbangan yang harus sesuai dengan minat dan kebutuhan kita. contohnya:

  • Jurusan, apakah jurusan yang kita inginkan terdapat di kampus ersebut
  • Bekerja, buat kamu yang bekerja, apakah kampus tersebut bisa kuliah malam dan sesuai dengan jurusan yang kita harapkan.
  • Biaya pendaftaaran, Biaya ini tentu akan menjadi perhatikan apabila ingin kuliah.
  • Biaya semester, Apakah setelah kamu kuliah di kampus tersebut mampu membayar uang semester.
  • Lokasi kampus, Tentu juga menjadi acuan memilih kampus, apabila terlalu jauh dari rumah tentu akan menjadi suatu hal pertimbangan.

Itu adalah beberapa hal yang menjadi pertimbangan kebanyakan mahasiswa dalam memilih kampus. di sini saya akan membahas, kampus terbaik dan terbesar di kota pekanbaru berdasarkan renking Nasional.

Daftar 7 Universitas terbaik di Kota Pekanbaru 2021/2022

1. Universitas Riau

Universitas Riau atau sering di sebut UNRI, merupakan universitas menduduki ranking 36 di indonesia. di lansir dari laman resmi Universitas Riau“. UNRI di dirikan dari keinginan dan tujuan bersama antara masyarakat dan Pemerintah Daerah Riau. Keinginan itu di wujudkan dengan membentuk Panitia Persiapan Perguruan Tinggi Riau (P3TR) di Tanjung Pinang.

Setelah ibu kota provinsi Riau pindah ke Pekanbaru, panitia juga pindah ke Pekanbaru. Perintis berdirinya Universitas adalah Kolonel Kaharuddin Nasution, Datuk Wan Abd ar-Rahman, H.s. Soesman dan Drs. Sutan Bali. Dari panitia besar itu terbentuklah Yayasan Universitas Riau, dan kemudian di dirikanlah universitas ini. yang mana Universitas Riau berlaku efektif pada tanggal 1 Oktober 1962 sampai sekarang.

Baca Juga : Ranking universitas di indonesia dan Ranking dunia universitas di indonesia menurut Webometrics | apakah kampus kamu masuk 200 besar

2. Universitas Islam Negeri, Sultan Syarif Kasim Riau

Universitas Islam Negeri,atau biasa di sebut dengan UIN. Merupakan universitas Islam yang ada di kota Pekanbaru Riau. berdasarkan ranking di indonesia, UIN Suska berada di ranking 107 Nasional.

Institut Agama Islam Negeri Sulthan Syarif Qasim (IAIN Susqa) Pekanbaru sebagai cikal bakal UIN Suska Riau, didirikan pada tanggal 19 September 1970 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 194 Tahun 1970.

Universitas Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru yang secara resmi dikukuhkan berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 2 Tahun 2005 tanggal 4 Januari 2005 tentang Perubahan IAIN Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru menjadi UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan diresmikan pada 9 Februari 2005 oleh Presiden RI, Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.

UIN Suska Riau memiliki 8 fakultas, yaitu: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, dan Fakultas Pertanian dan Peternakan.

UIN Suska telah mempunyai lahan kampus seluas 84,15 Ha yang terdiri atas 3,65 Ha di Jl. K.H. Ahmad Dahlan dan 80,50 Ha di Km. 15 Jl. Soebrantas Simpangbaru Panam Pekanbaru.

3. Universitas Muhammadiyah Riau

Universitas terbaik dan terbesar di kota Pekanbaru

Universitas Muhammadiyah Riau merupakan salah satu universitas yang tergolong masih baru di kota pekanbaru, khususnya di Provinsi Riau. Universitas Muhammadiyah Riau atau biasa di sebut dengan sebutan UMRI. UMRI baru berdiri di kota pekanbaru pada tahun 2008, yang kini masih berusia 13 tahun. Tetapi UMRI begitu cepat dalam mengikuti perkembanganya dan kemajuan IPTEK. sehingga tidak heran, Universitas Muhammadiyah Riau menempati peringkat 168 Nasional mengalah universitas yang telah deluan berdiri.

Dalam kurun waktu 12 tahun UMRI telah memiliki 8 fakultas dengan 25 program studi yang dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minatnya. Secara institusi, UMRI telah terakreditasi B, sementara 20 program studi juga telah terakreditasi B dari BAN-PT.

Universitas Muhammadiyah Riau, memiliki 2 kampus, yaitu kampus utama dan kampus 1. di kampus utama beralamat di Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru. dan kampus 1 berada di jalan KH.Ahmad Dahlan No.88 Sukajadi Pekanbaru.

Baca Juga : Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Terbaik Agar Tidak Salah Jurusan

4. Politeknik Caltex Riau

Politeknik Caltex Riau Atau Biasa di sebut dengan PCR, merupakan kampus yang cukup terkenal di kota pekanbaru maupun Provinsi Riau. Selain kampus PCR yang di kenal bagus dan terkenal, kampus ini juga menduduki kampus terbaik di kota pekanbaru dengan menduduki peringkat 192 Nasional.

Kampus PCR telah berdiri dari tahun 2021 merupakan kampus yang diprakarsai oleh PT Caltex Pacific Indonesia dan Pemerintah Provinsi Riau. Hingga saat ini Politeknik Caltex Riau telah memiliki 11 program studi yang terdiri dari 5 program studi D3 (Ahli Madya), 5 program studi D4 (Sarjana Terapan) dan 1 Program Studi Magister Terapan. sebanyak 7 dari 11 program studi PCR sudah terakrditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan 3 Program studi terakreditasi B.

5 Universitas Islam Riau

Universitas terbaik dan terbesar di kota Pekanbaru

Universitas Islam Riau atau di kenal dengan nama UIR, merupakan universitas yang telah lama berdiri di kota Pekanbaru Provinsi Riau. UIR berdiri pada tanggal 4 september 1962, di bawah yayasan lembaga pendidikan islam (ylpi) Riau pada masanya.

Pada Tahun 1990/1990 UIR resmi menempati kampus baru yang berada di Marpoyan, Km. 11 seluas 65 Hektar. UIR meerupakan salah satu Universitas terbaik yang ada di kota pekanbaru, karena telah banyak meluluskan wisudawan-wisudawan yang berhasil di kanca nasional dan internasional.

6. Universitas Lancang Kuning

Universitas Lancang Kuning atau biasa di sebut dengan singkatan UNILAK. UNILAK telah berdiri dari tahun 1982 di Jalan Yos Sudarso Km. 8 Rumbai Pekanbaru, Riau. UNILAK merupakan universitas swasta yang sering memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu. Sehingga tidak heran, Unilak di katagorikan salah satu Universitas penerima beasiswa dari Provinsi Riau.

UNILAK saat ini memiliki 9 fakultas dengan 19 program studi S1 dan 2 program studi pascasarjana. Diantaranya fakultas ilmu administrasi, fakultas ekonomi, fakultas teknik, fakultas hukum, fakultas pertanian, fakultas ilmu budaya, fakultas kehutanan, fakultas ilmu komputer, fakultas keguruan ilmu pendidikan dan program pascasarjana.

Baca Juga : Tips Menjadi Mahasiswa Sukses

7. Universitas Abdurrab

Universitas terbaik dan terbesar di kota Pekanbaru

Universitas Abdurrab atau di kenal dengan UNIVRAB. Univrab resmi berdiri pada tanggal 7 juni 2005 yang beralamat di Jalan Riau Ujung No. 73 Tampan Pekanbaru, Riau. yang berdiri di lahan seluas 3 hektar dan semua fasilitas dan pendukung di manfaatkan di kawasan kampus.

Saat ini Universitas Abdurrab memiliki 14 program studi S1 dan D3, sebagai berikut: S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Sipil, S1 Psikologi, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Hubungan Internasional, D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, D3 Fisioterapi, dan D3 Analis Farmasi dan Makanan. Serta Fakultas Kedokteran pada tahun 2008 menerima mahasiswa sejumlah 38 orang dan pada tahun 2009 sejumlah 76 orang.

Berikut itu adalah 7 universitas terbaik dan terbesar yang ada di kota pekanbaru menurut Trenpedia.com. semoga informasi ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan baru untuk pengunjung setia Trenpedia.com | Terimakasih…

Tinggalkan komentar