7 Cara menjaga kesehatan jantung | kamu wajib lakukan ini

TrenPedia.com | 7 Cara menjaga kesehatan jantung | kamu wajib lakukan ini. sperti yang kita ketahui, jantung adalah salah satu organ terpenting di dalam tubuh, jika tubuh kita tidak mendaptakan asupan yang baik maka tidak menutup kemungkinan kesehatan jantung pun dapat terganggu dan akan mengalami suatu masalah terutama dalam kesehatan.

Berikut ini 7 Cara menjaga kesehatan jantung | kamu wajib lakukan ini

1. Menjaga pola makan

Dikutip dari heart foundation, makanan yang baik untuk kesehatan jantung memerlukan kombinasi antara biji-bijian, serat, antioksidan dan lemak tak jenuh. Agar jantung sehat, seseorang juga perlu membatasi asupan lemak jenuh, lemak trans, garam dan gula. Demi pencegahan penyakit jantung, makan dengan perbanyak buah dan sayur setiap hari. Selain itu ganti karbohidrat  harian dengan dengan jenis yang minim proses. Misalkan beras merah, roti gandum utuh, havermut, dan lain-lain.

Lihat juga : Mandi dengan bahan dapur ini, agar terhindar dari Virus Corona

untuk makanan berlemak, hindari atau minimalkan asupan dengan lemak tak sehat seperti daging merah, jeroan, mentega, gorengan atau makanan cepat saji. pilih jenis lemak sehat yang banyak mengandung omega-3 dan omeha-6 seperti alpukat, minyak zaitun, ikan sampai kacang kacangan. Hal yang tak kalah penting, gunakan rempah rempah alami untuk meminimalkan asupan garam dan penyedap rasa.

2. Lebih aktif bergerak

Tubuh aktif bergerak dan rutin berolahraga merupakan bagian utama cara menjaga kesehatan jantung. Dengan tubuh yang aktif, tekanan darah tinggi, kolesterol yang tinggi dan kelebihan berat badan dapat di cegah. Coba mulai bangun kebiasaan yang baik dengan target yang realistis. Tidak perlu muluk muluk, mulailah dengan jalan kaki 30 menit setiap hari. Selain itu kurangilah kebiasaan duduk sepanjang waktu tanpa jeda. Bangun dari tempat duduk dan jalan jalan ringan sekadar mengambil air putih atau ketoilet setiap 20 menit sekali.

3. Menghindari rokok

Perokok pasif dan aktif sama sama beresiko mengidap penyakit jantung. Bagi perokok mulailah minta dukungan tenaga menis professional untuk program stop merokok. Selain melindungi diri sendiri dan keluarga anda, berhenti merokok juga melindungi orang  sekitar dari bahaya paparan asap rokok yang anda hembuskan terutama di ruang tertutup.

4. Mengurangi makanan berlemak

Kolesterol adalah lemak yang beredar keseluruh tubuh didalam darah. Tubuh kita secara alami memproduksi kolesterol. Kolesterol juga bisa meningkat dari beberapa makanan yang dikonsumsi.  makan makanan yang terlalu banyak mengandung lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Kolesterol penting untuk menunjang kinerja tubuh, tapi jika kadarnya berlebihan, kolesterol jahat (LDL) bisa menempel di dinding arteri, serta memicu terbentuknya plak biang serangan jantung. Langgkah utama untuk mengontrol kolesterol adalah rajin mengecek kadar kolesterol darah.

5. Kelola stress

7 Cara menjaga kesehatan jantung | kamu wajib lakukan ini

Cara menjaga kesehatan jantung yang kerap di abaikan adalah mengelola stress. Melangsir web MD, stress dapat menggangu kesehatan jantung dan kesehatan secara keseluruhan. Luangkan waktu untuk menjaga pikiran tetap rileks dan tenang setiap hari. Anda bisa mengerjakan hobi, berlatih meditasi atau mengerjakan sesuatu yang menyenangkan.

Baca juga : Jeruk nipis bisa menghindarkan dari kanker dan jantung

6. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup merupakan bagian yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh termasuk menjaga kesehatan jantung. Penilitian membuktikan, tidur kurang dari enam jam dimalam hari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Menurut para ahli, kurang tidur dapat menyebabkan tekanan darah naik dan memicu peradangan. Demi mencegah penyakit jantung, upayakan untuk tidur nyenyak minimal tujuh jam setiap hari.

Lihat juga : 5 rempah dapur untuk mandi | imun meningkat agar terhindar Covid 19

7. Olahraga 10 menit sehari

Biasanya orang setelah bangun tidur, jarang melakukan olahraga minimal 10 menit dalam sehari. tujuan olahraga tersebut, selain untuk membuat kembali bugar untuk melakukan kegiatan sehari-hari. juga mampu memberikan efek yang baik bagi tubuh seperti jantung.

Jantung akan berdetak normal, dan tidak seperti sesak apabila kita kecapekan dalam melakukan sesuatu aktifitas. dengan pola yang kita lakukan setelah bangun tidur setiap hari, kamu akan merasakan manfaat yang berbeda pada sebelumnya. lakukan olahraga ringin seperti, menggerak gerakkan tangan ke atas dan kebawah, kemudian lompat-lompat di tempat dan apabila ada waktu yang baik, lakukakan joging minimal 10 menit di kawasan ada tinggal.

Berikut itu adalah beberapa cara mudah yang dapat kita lakukan agar hidup kita sehat dan terutam jantung. semoga tips dan informasi ini bermanfaat bagi sahabat trenpedia.com, komen dan share untuk informati lain nya yang ingin di posting. terima kasih…

Tinggalkan komentar