3 cara menabung uang | cara berbeda hasil yang berbeda

Hallo sahabat trenpedia.com senang sekali rasanya masih bisa berbagi informasi kepada kita semua untuk menambah pengtahuan dan wawasan yang lebih luas. di sini kita akan membahas 3 cara menabung uang, cara berbeda hasil berbeda.

Menabung ialah menyimpan uang atau menyisikan uang untuk rencana yang akan datang. tujuan menabung untuk mendapatkan apa yang di inginkan kedepan nya atau untuk keperluan yang sangat penting di masa mendatang.

Menabung merupakan orang sudah bekerja atau orang mendapatkan penghasilan dari usaha, bekerja, berjualan, dan lain-lain. yang kemudian pendapatan nya di sisihkan untuk di simpan. sekarang ini banyak orang mulai menyadari bahwa sangat penting nya dalam menabung untuk masa depan. Tetapi tidak semua orang dapat mengetahui cara menabung yang benar dan masih banyak menggunakan metode salah.

Berikut ini cara yang banyak di lakukan orang dalam menyimpan uang nya untuk masa yang akan datang. Hal positif dan negatif yang di lakukan dengan cara menabung berikut ini.

1. Menabung di Celengan

Menyimpan uang di celengan merupan cara yang masih banyak di lakukan orang tua, termasuk anak anak. hal ini banyak di lakukan oleh anak-anak karena pengarahan dari ke dua orang tua penting nya dalam menabung, sehingga banyak anak anak dan orang dewasa menabung di celengan.

Positif dari menabung di celangan. di saat sudah terbiasa menabung atau menyisihkan pendapatan yang di masukkan di celengan, tentu celengan tersebut sudah terkumpul uang di dalam celengan. tanpa terikat dari pihak mana pun, uang dapat di ambil kapan saja saat membutuhkan uang tersebut.

Lihat juga : Instalasi dan Cara menggunakan Teamviewer

Negatif dari menabung di celengan atau resiko yang mungkin bisa saja dapat terjadi kapan saja pada celangan tersebut. contoh nya, pencurian yang di lakukan orang lain pada celengan tersebut, kebakaran rumah, tentu celengan tersebut akan ikut terbakar dan begitu juga dengan uang, termakan implasi dari nilai tukar uang tersebut, dan hasil uang di tabung di celengan tetap sama, berapa total uang yang di simpan di dalam celengan.

2. Menabung di Bank

Semakin berkembang nya informasi dan teknologi, tentu seluruh kegiatan bisa di lakukan secara online termasuk dalam menabung. Banyak orang menabung di bank karena mudah, simple dan tidak ribet.

Hal positif yang di dapat menabung di bank ialah semakin banyak uang kita yang kita tabung di Bank, maka semakin besar pula bunga keuntungan yang kita dapat. banyak hal positif yang kita dapat menabung di Bank. yaitu, mudah nya mengetahui berapa jumlah tabungan dengan handphone menggunakan internet banking. dapat mengambil uang kapan saja di mesin ATM saat membutuhkan uang, dan dapat Mengirim tabungan kepada teman, sahabat, maupun keluarga selama 24 jam.

Hal negatif yang di dapat menabung di Bank. dengan semua kemudahan yang di dapat, ada juga hal negatif yang di dapat. yaitu, semakin mudah dalam mengendalikan uang tabungan di Bank, semakin mudah pula mengambil uang, sehingga target untuk mencapai di masa yang akan datang dapat terpengaruhi oleh berkurang nya tabungan.

contohnya, tabungan mudah di ambil kapan saja di mesin ATM sehingga tabungan akan lama lama menjadi berkurang, rentan terhadap ke jahatan / hecker sehingga tabungan bisa di curi orang yang tidak bertanggung jawab, kena biaya administrasi Bank setiap bulan, biaya kartu setiap bulan dan biaya transfer saat melakukan transaksi. hal ini mempengaruhi tabungan menjadi berkurang apabila tidak menabung dengan jumlah yang besar.

Lihat Juga : Cara Screenshot Windows 10 Tanpa Aplikasi

3. Menabung dengan Investasi

Sekarang banyak orang mulai belajar mengenai Investasi, banyak ingin tahu apa itu investasi, itu lah alasan mengapa banyak juga orang memilih menabungkan uang nya ke investasi.

Investasi berbagai macam bentuk, contohnya investasi Saham, Reksadana, Crypto currency dan Properti. dalam menginvestasikan uang, tentu terdapat hal positif dan negatif dari investasi.

Hal positif menyimpan uang/di investasikan. sebagai contoh menabung uang yang di investasikan di saham. saham adalah bukti kepemilikan perusahaan atau bukti penyertaan modal. dengan menginvestasikan uang di perusahaan yang bagus, atau perusahaan yang akan tetap bertahan 5 sampai 20 tahun kedepan. tentu itu adalah saham perusahaan yang sangat baik untuk di investasikan uang ke saham. Sebagai contoh, menabung saham atau membeli saham Bank BRI biasa di sebut di saham BBRI. di lihat dari 10 tahun terakhir, saham BBRI hampir mengalami kenaikan 900 persen. dengan begitu, menabung di saham sangat menjanjikan dan mendapatkan ke untungan yang sangat besar di bandingkan menabung di Celengan dan di Bank tentu sangat beda jauh dari ke untungan yang di dapat menabung di saham. itu alasan mengapa orang sekarang banyak belajar untuk menabung di saham maupun sejenisnya.

Hal Negatif menginvestasikan uang kita ke dalam saham, tentu semua ada resiko nya. Contohnya, saat kita saham yang kita pilih mengalami kenaikan, dan kita menjual nya membutuhkan waktu 2 sampai 5 hari agar uang kita bisa masuk ke rekening rdn kita. begitu juga saat menginvestasikan uang kita ke saham, kita tidak teliti dan tidak mengenal fundamental dari perusahaan itu dengan baik, sehingga bisa saja saham yang kita beli berharap untung, malah rugi karna perusahaan itu tidak prospek untuk kedepan nya dan banyak yang tidak berminat menginvestasikan uang nya ke perusahaan tersebut. sehingga uang yang kita tabungkan ke saham akan semakin minus, selama kita tidak menjual saham tersebut nilai tabungan kita akan semakin berkurang dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengembalikan total uang yang telah di investasikan.

Lihat Juga : Control Buzzer Raspberry PI 3 Menggunakan Suara

Itu adalah persamaan menabung, tetapi berbeda dalam keuntungan. semoga informasi ini bisa membantu sahabat Trenpedia.com untuk dapat memilih mana tabungan yang pas dan sesuai dengan kebutuhan. Bagikan informasi ini agar teman, sahabat, keluarga dan siapa saja dapat mengetahui manfaat dan kekurangan menabung. terimakasih…

2 pemikiran pada “3 cara menabung uang | cara berbeda hasil yang berbeda”

Tinggalkan komentar